Seleksi Pertukaran Pelajar : Tahap 1



oke, aku bakal nyeritain tentang pengalamanku pas tes tahap pertama seleksi pertukaran pelajar yang dilaksanakan di semarang oleh yayasan bina antar budaya chapter semarang. btw kalimatku barusan kepanjangan ya? ah gak juga! hahahaahahahaha. oke - oke, kita mulai dari perjalananku kesana.

meninggalkan kota tercinta, Magelang #sooundeffectLEAVINGONAJETPLANE

kami berangkat bersebelas dari SMA N 1 Magelang. ada aku, Eny (yang dulu ikut sibema cup bareng aku. baca disini), Nurul Latifah, Nurul Kecil (sumpah aku lupa namanya), Primadhani, Lely, Ryan Azkalia, Fatimaharani, Rista, Yoval, dan Nanda. kami berangkat pake mobil sekolah bareng Mas Yuri dan Pak Surya Handayana. mobil melaju kencang, kurang lebih 2,5 jam sampe juga di tujuan. tempat tes adalah SMP 3 Semarang, dan kami ga boleh terlambat. 

SMP N 3 Semarang. gede juga ya?
sampe disana lumayan pagi. nothing special except our dress code. well, i admit that the girls here were so stylish, totally different with our girls. setidaknya kami lebih tertutup dan pemalu. oh iya, mbak bunga juga udah ngingetin kita buat matuhi aturan dresscode seleksi pertukaran pelajar sbb:
  1. harus make sepatu. jempol kaki haram hukumnya buat dilihat!
  2. no kaos, no v-neck, no poloshirt. just ordinary shirt, yang ada benik-nya!
  3. untuk cowok menggunakan celana panjang, warna bebas asal sopan dan gak neko-neko
  4. buat cewek boleh make celana panjang atau rok yang sopan
  5. pake celana bahan/rok bahan, berani make jeans langsung dicoret nama kita dari list peserta!
  6. boleh pake jaket, tapi di dalam ruang harus dilepas. dan jangan seliweran sambil pake jaket. berbahaya! ingat tes tahap satu ini dibuat super-duper-formal dalam hal barang - barang yang kita pakai untuk mebalut tubuh (nah loh?!)
  7. sabuk cuma additional aja
  8. jangan make eprhiasan berlebih. aksesoris sebisa mungkin hanya kaca mata dan jam tangan (kalo behel gak tau juga sih. hahahahhahahahahhahahaha)
  9. gampangnya: PAKE AJA SERAGAM SEKOLAH (dan aku ga mempraktekkannya. hahahaha)
kenapa aturannya bisa se-strict ini? sebenarnya panitia ada juga yang sering keliling nyari kesalahan peserta. cukup dilihat nametagnya saja lalu dicatat dan nama anak itu gak bakal ada di website (maksudnya pengumuman lolos seleksi biasa dipost di web chapter)

sejauh mata memandang, hanya ada baju2 biru SMA N 1 Purworejo. ya, SMANSA PURWOREJO! gileeeeee, mereka yang ikut ada 149 ANAK! ditambah pendamping kira2 merekaa make 4 bus. mantabbb ... ada juga sma 3 semarang, yang seperti biasa, mendominasi tempat tes (terutama cewek2nya. seger ...). tahun ini ada dua seleksi yang sama, dilakukan di semarang dan di solo (karena inilah sma 1 surakarta dan sma 3 surakarta ora kethok di semarang)

betewe seleksi tahap satu adalah tes tertulis. ada tiga macam tes yang diujikan, yaitu pengetahuan umum, bahasa inggris, dan essay

TES PENGETAHUAN UMUM
ini tes bejo-bejoan aja sih. soalnya itu emang susah dan ga bisa diprediksi. percuma aja baca RPUL atau Buku Pintar Senior, walo bantu dikit, toh ga banyak yang keluar. baca - baca aja koran sebulan terakhir atau update terus berita di TV. 10% soal biasanya dari situ. selanjutnya ada sedikit soal matematika/fisika/biologi/kimia, yang sebenarnya gampang aja buat dikerjain since it's too easy (sombongnyeet. hehehehehhehe. biasanya soal pelajaran cuma keluar 2-3 persen aja, dan soalnya pun kayak soal2 anak SD/SMP)

TES BAHASA INGGRIS
aku kan debater jateng, jadi gak perlu capek - capek ngerjainnya. perdalam vocab sama tenses aj. soal tersulit palingan selevel sama TOEIC/SLEP test (jauh dibawah level TOEFL)

TES ESSAY
nah ini dia tes termudah dan PALING BERBOBOT. disini bakal disediakan beberapa tema, dan kita disuruh milih salah satunya. FYI disinilah kamu bakal dilihat karaktermu, dan bagaimana kamu bisa mengembangkan daya kreasimu, pikiranmu, dan inisiatifmu dalam bentuk tulisan. so prepare it well ya!

FYI (lagi) biasanya tema yang keluar adalah tema "menceritakan diri sendiri". describe yourself. saran aja, buatlah dirimu tampak hebat dengan tanpa menyombongkan dirimu. tema lainnya biasannya bervariasi tiap tahunnya.
aku sendiri milih tema "jika suatu ketika semua peraturan di dunia ini dihapus, dan kamu punya kekuasaan untuk membuat tiga pertauran. peraturan apa sajakah itu dan jelaskan!". ya udah, aku bikin serasioanal mungkin. aku kan anak UUD juga, jadinya tinggal masukin pasal2 ke dalemnya. peraturan pertamaku, dan juga (menurutku) terbaikku adalah mengembalikan semua peraturan yg telah dihapus dan menerapkannya kembali, karena dunia tanpa aturan hanyalah kekacauan. disini aku elaborasi dengan pasal 28, 28A-J tentang HAM dimana tanpa adanya aturan maka setiap orang akan cenderung melanggar HAM orang lain dan itu hanya memperburuk keadaan.


yang kedua adalah menghukum koruptor tapi dengan cara yang lebih beda, yaitu figuring. buat mereka malu dihadapan umum, dengan kerja di trotoar buat bersih2 jalanan sambil ditulisin di punggunya 'aku koruptor goblok, dst". selain itu aku terapkan denda bagi koruptor sepuluh kali lipat uang korupsinya. tambah lagi, bakal ada pawai keliling kota dengan para koruptor dijadikan bahan tontonan. pawai ini berlangsung di semua daerah di indonesia, bahkan sampai diarak ke luar negri. bayangin aj aimej koruptornya dihdapan khalayk banyak? that's it! i propose a psychological punishment! low budget but severe damage!

peraturan ketiga adalah menerapkan pangaea day, earth hours, dan one person one three program secara global dan intensif. masih gak tau pangaea day dan hearth hour? tanyalah mbah gugel

FYI (lagi dan lagi) ini aturan yang aku gunakan (aturan sendiri sih)
  1. gunakan tinta hitam. jangan make tinta merah, tinta biru juga diwaspadai. dan jangan pernah ngALAY make pulpen glitter yang werna-werni dzolim itu -,-'
  2. tulisan yang benar dan gak alay (misal huruf "i" dengan titiknya ditaruh bawah seperti "!" dll).
  3. jangan pernah ada tip-X, gak tau kenapa aku merasa hal ini patut dihindari. buatlah 2 garis untuk menutupi kata yg salah
  4. yg njagain tes juga baik kok. mintalah kertas baru jika perlu (siapa tahu kamu kayak aku: kebanyakan coretan, panik, terus minta ke kakak penjaganya kertas pengganti sambil malu2 najis)
  5. jangan pernah nulis make pensil, atau make pensil terus ditutup pulpen. semua orang tau kalo itu menunjukkan profile-mu yang terlalu berhati - hati dan sok perfek dan gak bisa loose (ini baik atau buruk aku juga gak tahu, tapi kalo aku ngapain mindo-gaweni segala? hahahahahaha) (mindo gaweni : kerja dobel)

selama tes ini aku dijagain sama "kakaknya-yang-besar-dan-gempal-dan-juga-china-ygtakkutahunamanya " (sumpah, alay pol!), kak yang-tinggi-cungkring-ygkutahudarifototernyataLOLOSPROGRAMYES dan kak fieza dari smaga semarang. selain itu seruangan sama Reyhan Abdurrahman, yang nantinya bersama aku bergabung di keluarga besar Chapter SemALAY. udah, itu2 aja sih tesnya. tapi cukup biikin pegel tangan. aseeeemmm!!!!
pulang jam tiga-an sampe magelang Maghrib. tiga jam kemudian ada kebo tepar di kamarku (maksudnya aku -,-')


You Might Also Like

7 comments

  1. Hahaha.....
    Cerita yg menarik...!
    Ayo semangat blogging :D

    ReplyDelete
  2. wah...blog mu isinya cerita2 yaa?
    hmm...sip, apik2
    teruskan blognya! ^^

    ReplyDelete
  3. meskipun ak gatau km, ngakak lho liat blog kamu. terus berkarya ya ;)

    ReplyDelete
  4. Kok rada lucu ya😁😁😁😁

    ReplyDelete
  5. ka tes soal pengetahuan umumnya, mengenai apa aja? trus kalo bahasa inggris essay semua apa gimana? thanks before.

    ReplyDelete
  6. ka tes soal pengetahuan umumnya, mengenai apa aja? trus kalo bahasa inggris essay semua apa gimana? thanks before.

    ReplyDelete

leave your reply here

INSTAGRAM @DONIACHSAN