Seleksi Nasional YES 2011/2012

AH. Oke, maaf banget baru post sekarang. Sebnarnya ini postingan udah aku simpen di my documents selama beberapa bulan. Dan baru sekarang dapet mood buat ngeposting. (padahal udah jadi dari dulu, astaga aku jahat banget sampe lupa kalo punya blog). Terima kasih ya buat Gladhys Elliona Syahutari yang secara gak sengaja ngingetin aku buat ngepost cerita ini.

So the story begin. Aku lolos masuk ke 22 besar Finalis Chapter Semarang (dari 33 anak dimasukkan ke seleksi pemverkasan yang lolos cuma 22 aja). Dari 22 anak ini satu anak ngundurin diri sehingga cuma ada 21 aja. 15 anak dimasukkan ke program YES, 6 anak di program AFS/Jenesys. Nah, walau begitu kelima belas anak ini harus diseleksi lagi di level nasional. Yep, Seleksi Nasional YES Program YP 2011-2012. Seleksi dilaksanakan tanggal 20 – 22 November 2010 di Wisma Handayani, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah di Fatmawati.

Temen - temen Chapter Semarang di Stasiun Tawang



Aku dan ketigabelas temenku bakal berangkat dari Stasiun Tawang, Semarang naek kereta menuju Stasiun Gambir, Jakarta. Satu temen aku (si nadhila) naik kereta dari Purwokerto. Gak nyangka aja ternyata kereta yang kami naiki ini lumayan keren (ya iyalah make kereta bisnis, hohohoho) dan di gerbong belakang ada rombongan Chapter Surabaya juga. Kami ngalamin delay, seharusnya sampe di Jakarta subuh eh nelat sampe jam 8. Kasian si nadila udah nunggu lama banget sama kakak volunteer. Akhirnya kami disewain taksi buat sekitar 40an anak buat ke fatmawati. Aku setaksi bareng Galuh, Very (dua-duanya anak Semarang), sama Dhani dari Surabaya (atau Kediri ya? Ah kayaknya Surabaya deh). Akhirnya sampe juga kita di Wisma Handayani

Day 1 – 20 November 2011 

Begitu menginjakkan kaki di sana : buseet, keren juga nih wisma. Kamar biasa aja levelnya JAUH diatas QUAS-nya LPMP. Sampe di sana kita disambut sama Kak Rendy, kita disuruh nunggu sampe ntar cek in jam 10 pagi. Waktu senggang kita isi buat main Truth or Dare sama bikin yel yel (Sinung, you’re awesome! Sayang banget yel – yel ga kepake). Jam 11 Pagi kita dikumpulin buat pembukaan. Oh iya, sebelum pembukaan kita kenalan dulu sama beberapa anak batch 2 (Chapter Semarang masuk di batch 3 bersama Chapter Makassar, Chapter Surabaya, dan Chapter malang). Pembukaan diisi briefing, pembagian kamar, pengumpulan barang – barang elektronik (ga megang hape selama 3 hari? Yep!), dan pembagian lembar kerja. kami akan mengikuti 4 seleksi yaitu Dinamika Kelompok I, Dinamika Kelompok II, Interview, dan SLEP test.

Kegiatan pertama yaitu DInamika Kelompok I. Kita dibagi – bagi dalam beberapa kelompok. Di sini kita bakal bikin river of life, yaitu menjelaskan perjalanan hidup kita selama ini dan dituangkan dalam bentuk gambar sungai. Aku satu kelompok sama Dinda (Chapter Malang), Arum (Chapter Malang), Cesi (Chapter Surabaya), dan Hayyu (Chapter Semarang). Di sesi ini aku belajar banyak hal, terutama pelajaran untuk mensyukuri hidup. Banyak orang yg diberi cobaan lebih banyak dan lebih berat dari kita, dan oleh karenanya kita sudah sepantasnya bersyukur! Sesi ini diwarnai oleh derai tangis dari banyak peserta. 

Selesai sesi kita istirahat dan malamnya kita ada Dinamika Kelompok II. Disini kita bakal “bermain air”. Tugasnya adalah memindahkan air dari satu ember ke ember lainnya dengan aqua gelas dan tali. That’s all. Per kelompok bakal dilihat bagaimana dia bekerja dalam kelompok dan keefektivitas penyusunan strategi.

Selese sesi kita masuk ke kamar buat ngerjain Lembar Kerja (LK). isinya pertanyaan-pertanyaan esai yang harus dikumpulkan esok hari. Well, temen2 sekamarku pada istirahat dulu dan aku nglembur sampe tengah malem. Aku gak suka bangun subuh2 buat ngerjain tugas. Selesai bikin aku langsung bobok, nemenin beberapa temen yang udah bobok.

Day 2 – 21 Novemer 2010 

Interview Day! Yep, dan aku kebagian shift siang. Alhamdulillah banget karena dengan begini aku bisa tidur dulu (temen pada seneng shift pertama, alasannya lebih seger dan fresh. Dan aku Cuma bisa mangap aja ndengernya. Hahahahaha). Aku tidur lama banget dan baru bangun jam 11 siang. Jam dua siang (atau jam satu ya? Duh lupa!) aku sama beberapa temen shift siang langsung ngumpul di ruang seleksi. Karena hari hujan deras sesi wawancara molor satu setengah jam dari jadwal. Banyak bule yang gak datang buat ngewawancara karena masalah cuaca (dan itulah berkah buat shift siang. Yay!) so kita kemungkinan besar wawancara make bahasa Indonesia deh. Aku dan temen2 nunggu nama kita dipanggil, dan aku termasuk yang awal kepanggil (kakaknya bingung pas liat aku : KOK COWOK? Iya mbak, nama aku emang Risqika, dan mbaknya orang ke-berapa-ratus yang kaget begitu liat aku). 

Aku dapet tiga interviewer, kayaknya semua returnee deh. Dua orang cewek rambut pendek dan satu cowok. Mereka bener2 awesome deh, kelihatand ari cara ngomong dan gesture mereka, terutama si cowok yang kharismanya keliatan banget. Si cewek kelihatan banget charmingnya, dan cewek satunya keliatan intellectnya. Aku ditanyain banyak hal, mulai dari cita – cita, hubungan dengan temen, sampe disuruh retell sesi river of life kemarin. Aku cerita aja masalah terbesar di keluargaku waktu itu, dan aku gak perlu malu. Toh itu bukan suatu aib, malah itu adalah berkah buatku untuk berpegang teguh dalam keyakinanku: Islam moderat. Well, aku wawancara terlalu semangat kali ya sampe2 mbak2 timekeeper di pojok ruangan ketawa2. Hahahahaha. Waktu sepuluh menit habis, aku disuruh keluar. Setelah itu aku nongkrong bareng temen – temen yang udah wawancara dan yg lagi nunggu wawancara. Gila, semakin ke giliran akhir semakin panjang waktunya. Aku udah ngerasa gak enak banget, wawancaraku secepet itu sedangkan mereka at least setengah jam sendiri wawancaranya. Oh mai gaaad!

Selesai sesi wanwancara, aku dan beberapa temen balik ke kamar. Kiat udah bener – bener free, Cuma tinggal SLEP test aja besok pagi. Malamnya kita ngumpul di ruang makan, nikmatin si Iffan (Chapter Makassar) main piano ditemenin Nadila (Biola) dan SInung (Saxophone). Keren abitch! Aku sempet juga dilihatin album fotografinya Mai (Chapter Makassar) yang terrific banget! Di sana kita tuker2an nomer, alamat fb/twitter, dan laen laen. Sempet juga Kak Ayumi (panitia) ndatengin kita dan negur supaya kita cepetan tidur buat besok SLEP test.

Selesai dari ruang makan aku dan akwan – kawan balik ke kamar. Kita cerita hantu, dan karena merasa gak asik kita pindah ke kamar sebelah dan ngobrolin cerita serem – dan ya kita beneran digangguin sama “yang nunggu”. Bakal aku certain di posting selanjutnya, kalau sempet :B

Day 3 – 22 November 2011

SLEP test – awalnya sih gampang banget, tapi berikutnya alamaaak susahnya. Selesai SLEP kita dibagiin barang – barang elektronik kita. Yep, kita foto – foto bareng. Selanjutnya kita ambil barang di lobby dan pulang ke daerah masing – masing. 

Good bye teman – teman hebat se Indonesia! Semoga kita ketemu di Orientasi Nasional!

$-----------------------------------------------------$

Sedikit memoriku bersama teman - teman :

Sinung tampil di hadapan banyak orang di Stasiun Tawang. Somehow he was so cool!

Anak - anak Chapter Semarang di dalem kereta menuju Jakarta
Chapter Semarang foto bareng2 di Wisma Handayani
Kami, Penerus Bangsa, berjanji untuk mebangun Indonesia sebaik mungkin. I Love Indonesia!


You Might Also Like

6 comments

  1. credits goes to Bethari Bunga for the photos :)

    ReplyDelete
  2. halo kak... aku ninis, kandidat dari chapter bogor. tiga hari lagi aku ikut seleksi nasional yes. cerita kakak bikin aku deg2an sekaligus ngga sabaaaar. doain aku ya kak! :)

    ReplyDelete
  3. Halo Ninis!

    Hahaha, gimana kemaren seleksi? pasti udah beda banget ya sama tahunnya kakak. Dulu kakak juga deg2an banget, sama kayak adek. banyakin doa aja, siapa tahu "katut" dan bisa terbang ke Amrik kayak kakak2mu dulu. "Pray" sent, wish you all the luck for this once in a lifetime chance! :)

    ReplyDelete
  4. Permisi kak doni, boleh ngobrol-ngobrol tentang afs, tapi lewat email kak? soalnya ini agak privasi. Boleh minta e-mailnya kakak? Makasih sebelumnya kak :)

    ReplyDelete
  5. Hi ka, aku sella dari chapter balikpapan. Kamis ini, ikut seleksi nasional di jkt.
    Doain moga lancar semua ya ka
    Hehe

    ReplyDelete

leave your reply here

INSTAGRAM @DONIACHSAN