Glacier National Park, Montana, USA

Oke, aku bakal cerita banyak tentang trip pertamaku di USA. bingung mau cerita dari mana, dan karena ini udah beberapa hari yang lalu jadinya banyak bagian yang lupa buat diceritain. yang pasti this is it : My First Journey in USA!

August 11th 2011

aku dan teman2 lain lagi di Manitowoc. kita ada orientasi yang diadain oleh AFS selaku konsorsiumku. sore hari sekitar jam 4 (tapi berasa kayak jam 11 siang! maklum summer) aku dijemput sama Hostmom dan Hostsisters. kami langsung ke rumah dan aku istirahat bentar buat makan dan mandi. kami makan pasta dan hostmom udah nyiapin nasi buat aku. yay! walau rasanya aneh (beras mexico dan bumbu mexico : awkward!) tapi tetep aja nasi yang aku kangenin. 3 jam kemudian aku langsung naik mobil menuju montana. YAK SAUDARA SAUDARA, AKU LANGSUNG NAIK MOBIL DAN LANGSUNG KE MONTANA, MASIH KERASA BO JETLAG-NYA!. huahahahahahaha. satu mobil ada Hanako, Ellen, Mom, dan Aku. aku duduk di seat paling belakang bersama sleeping bag buat selimut. aku ngelewatin Chilton, kota yang bakal aku kunjungi setiap hari buat sekolah. karena malam jadi gak kelihatan deh. akhirnya aku tidur karena ngantuk dan capek.

August 12nd 2011

Bangun pagi kuterus gak mandi, tapi maen ke McD. burger isi telor ayam, yummy. kita ngelewatin Minnesota dan sekarang lagi di North Dakota. perjalanan ini bener mirip perjalanan di Lord of the Ring. SO FANTASTIC! disamping kiri kanan depan belakang hanya ada paparan ladang dan padang rumput membentang. pantas aja dijulukin the Big Sky Country, langitnya bener2 luas. kita kayak bisa lihat cakrawala di sekeliling kita. belum lagi pemandangannya yang buset aduhai. kita ngelewatin padang bunga matahari dan kita mutusin buat maen2 disana. FYI guys, itu padang bunga matahari luasnya bejibun kayak lumpur lapindo: ratusan km persegi! kita foto2 ria disana, pokoknya indah bangeet! langit biru membentang di angkasa dan tepat di depan mata terhampar ladang kuning bunga matahari. anjriiit aw aw aw ga tahan buat nyebut Asma Allah yang sungguh Maha Besar!

setelah itu kita lanjutin perjalanan dan maen ke bangunan unik. yep, bentuknya kayak mata gede dan banyak burung2nya. tempat ini dibangun tahun 2001, dan merupakan sculpture terbesar di USA. kita foto2 banyak di sini. oh iya, pas kami di sini anginnya bener2 kayak angin ribut di Indonesia. langit agak mendung dan bahkan buat jalan pun agak susah karena angin. kami berhenti bentar di kafe drive thru, dan aku mesen Blue Hawaiian Coconut Ice Cream. kebayang kan enaknya kayak apa?

Sore hari kita berhenti di toko bernama Big R's. kaget banget ternyata ini toko buat kebutuhan para koboi. ada batu kesehatan buat koda, sadel, dll. Mom bilang ke aku : doni, sepatu kamu yg dari indonesia bagus bgt. sayang kalo dipake hiking. ntar mom beliin sepatu baru ya buat hiking. yup, aku dibeliin sepatu sport seharga 139 dollar. kalo dikurskan ke rupiah jadi berapa ya sodara2? SATU JUTA! sumpah berasa ironi banget, ini mana yang lebih bagus : sepatu dari indonesiaku atau sepatu Tevee keren ini? wakakakakakakakaaakkakaka

akhirnya jam 9 malem kami sampe di Montana, tepatnya di bumi perkemahan St Mary di Glacier National Park. di sana udah ada keluarga besar yang nunggu rombnganku. dari keluargaku ada Kenn (Dad), Mary (Mom), Ellen, Philip, dan aku. dari keluarga sodari2 hostmom ada Alex, Kathy, Pat, Bill, Anne dan Jeanne, Will, serta dari keluarga sodaranya hostmom ada Simon dan Hanako. kami makan malam dan jam 10.30 aku udah terlelap tidur di tenda.

see? itu yang namanya garis cakrawala. liat juga bayangan awan di depan jalan.
di depan padang bunga matahari. hahahahaha, keren aja
host sister juga aku foto. dia baik banget dan supel sama semua orang. asik deh orangnya! btw dia returnee AFS juga loh!

bunga mataharinya bagus banget. ni foto aku yang ambil loh, berasa profesional getoh
the biggest sculpture in the world can only be found here!
telephone box di Circle, Montana. berasa in the middle of nowhere banget

August 13rd 2011

Bangun pagi jam 6 karena kaki membeku. yep, dingin bangeeet. aku keliling St Mary dan di sini indah banget. ga ada sampah. dan kita dilarang bawa makanan atau membawa barang2 yng berbau karena di sini banyak beruang (mereka menyebut daerah ini Bear Country). di Glacier National Park (GNP) ada 700 black bears dan 350 grizzli bears. di sini bener2 beda sama bumper di indonesia. tiap beberapa lot ada WC bersih buat cowok dan cewek. dan di setiap lot bisa muat beberapa tenda dan mobil privasi tiap camper benar2 terjaga dengan aman. dan satu lagi: BERSIHNYA MINTA AMPUN! aku dibeliin (lagi) celana training Glacier National Park, bagus banget.

pagi hari aku dan keluarga besar sarapan sandwich telur dan daging kalkun. sekitar jam 9 kami pergi ke Logan Pass, tempat pertama yang bakal aku taklukkan! hahaha. aku bawa backpack gede buat hikers, bener2 mirip kayak anak pecinta alam. kami foto2 bentar di Logan Pass dan 8 orang hikers berangkat lewat Highline Trails : aku, Dad, Alex, Will, Philip, Pat, Bill, dan Simon. perjalan ini sekitar 8 mil jauhnya. and guess what i get here: A FULL PACKAGES OF AMERICAN NATURAL BEAUTY in a place.

oke, gambarannya gini: aku hiking ngelilingi Rocky Mountains. dan 3 langkah di kirimu adalah jurang sedalam lebih dari 1 km. tapi apa yang kamu lihat adalah hamparan gunung dan padang bunga liar ditambah salju yang amat sangat indah. disini aku ketemu banyak hikers dan setiap kali ketemu mereka nyapa : hi, hello, how are you, have a nice hike, etc. mereka bener2 ramah dan bikin hati bahagia. setelah hiking 7 mil sampe juga di Chalet, semacam rumah ala Swiss yang biasa nengger di atas gunung. di sini kita ada Geology Talk, semacam presentasi tentang geologi wilayah GNP. sebelum Geology Talk kita jalan 1 mil lagi ke tempat kemah, kita masang tenda, makan, dan cowok2 pada baca novel (aneh aja biasanya kalo kemping bareng Cepaka atau kemping lainnya cowok2 pada gitaran disini mereka pada baca buku). jam 7.15 malem (well, jam 7.15 disini kayak jam 3 sore) kita naik lagi ke Chalet buat Geo Talk. di sini aku juga liat foto 2 bulan yang lalu : Chalet ini ketimbun salju setinggi 3 meter lebih. omaigoood seremnyooo. jam 9 malem kita balik ke tenda (sebentar, ini jam 9 sore bukan malem. hehehehehehe. karena langit masih kayak jam 5.30 magrib) dan langsung tidur.

Logan Pass. itu ada bendera kanada karena GNP berbagi wilayah dengan Waterton NP, Kanada
foto di tengah trail. di belakang masih panjang banget trailnya. oh god!
persimpangan deket chalet, di sini banyak plang kayak gini jadi mempermudah kita dalam hiking
dua bulan yang lalu Chalet ini ketimbun salju dan cuma sedikit atapnya yg kelihatan.
panoramic view: sunset di Chalet, indah banget. sunset di Kuta sebenarnya jauh lebih indah kalo turisnya ga sebanyak semut dan ga banyak sampah berserakan di sana.

August 14th 2011
Hari kedua hiking, trails selanjutnya sekitar 15 mil. kita sarapan sereal dan alngsung berangkat. trail awal yaitu TURUN GUNUNG SEJAUH 6 MIL. yep, kaki berasa sakit plus pegel banget karena tiap kali jalan di trail yg menurun kaki bakal nahan berat kita terus. di dasar kita ngelewatin beberapa air terjun dan sungai. SUBHANALLAH, itu air sungai bener2 bersih. Hostdad bawa semacam filter dan ngefilter air sungai buat langsung diminum. yummy, segernya! selanjutnya trail MENANJAK SEPANJANG 8 MIL. oke ini bener2 ngurras tenaga, BANGET. jalannya bener2 curam dan menanjak. di mil kedua Will yang sudah lumayan tidak kuat (well, dia sekitar 50 tahunan dan trail ini emg berat bgt) akhirnya memutuskan buat balik 5 mil dan nyari jalan lain yang lebih pendek buat keluar trail.
awalnya sih aku biasa2 aja naiknya, tapi pas mil kelima aku ngerasa pusing luar biasa. buat bernafas aja sesek banget. akhirnya di mil keenam aku, Dad, dan Alex stop sebentar. kondisiku lumyan buruk, dan Dad memutuskan buat masang sleeping pad buat aku tiduran. di samping kita ada mata air dan air terjun kecil, dan dad ngefilter air lagi buat aku minum. ternyata aku kena Altitude sickness, yaitu keadaan ketika kita berada di tempat yg tinggi dan kekurangan pasokan oksigen ke tubuh. akhirnya dad memutuskan buat aku untuk balik ke tempat kemping bersama alex, dan dad melanjutkan perjalanan (4 cowok yang lain udah jauh di depan). akhirnya aku turun 6 mil ke lembah, 2 mil jalan di sekitar lembah, 1 mil jalan naik ke persimpangan, di persimpangan aku dan alex ambil jalan tercepat ke jalan raya yang jaraknya sekitar 6 mil lagi (alhamdulillah traulnya datar dan gak nanjak). akhirnya kita berdua sampai juga di bumi perkemahan. Mom kelihatan lega banget pas tau aku balik. dia ngira aku bakal balik bareng Will karena kondisi fisikku yang masih capek krn perjalanan INA - USA. akhirnya aku makan malem bareng mereka dan tidur di tenda supergedenya Mom bareng Mom, Hanako, dan Ellen. (yep, supergede krn muat 3 kasur tiup yang gede. hahahahahahahaha)

hari kedua hiking: tuh sodara2 aku lagi duduk deket air terjun: Simon, Pat, sama Philip
foto pas aku lagi di dasar lembah deket sungai. di belakang ada jembatan yang ngehubungin satu gunung ke gunung lainnya

August 15th 2011

kempers disini pada packing semua. ternyata mereka semua udah bawa paspor US mereka buat perjalanan berikutnya. yep, mereka bakal ke suatu danau di sini lain GNP dan naik boat ke bagian GNP di Kanda (namanya Waterton National Park, Canada) buat hiking dan kemping nyusul Dad dkk di Goat Haunts. berhubung aku berpaspor Indonesia dan Indonesia gak punya perjanjain perbatasan dengan Kanada otomatis aku bakal butuh visa Kanada buat kesana. terpaksa aku ga bisa ikut dan hostmom pun menemaniku yang merana ini. hahahaha, tapi hariku selanjutnya emang luar biasa banget. aku dan hostmom ngepack tenda (aku sempet ngerasa takut juga buat ngepack 2 tenda yang gede2 ini, tapi ajaibnya gampang banget. maklum, tenda mahal buatan USA :P ). kita jalan2 ke tempat hiking dulu, hostmom pengen hiking bentar sambil foto2. aku kita make kameranya hostmom yang jauh lebih mantab daripada kodakku. yep, di sini aku kayak foto model aja: tiap ada view bagus mom pengen ngefoto aku. katanya dia pas aku hiking kmrn aku pasti jarang foto2 karena sibuk jalan dan susah buat ambil foto. hahaha, dia perhatian dan sayang banget sama aku :)

next, aku sama mom jalan2 ke Avalanche Creek, sama ngiterin Cedar Trail. subhanallah, cuma bisa kagum aja deh ngelihat pemandangan di sini. ga ada kata yg bisa mengekspresikan indahnya tempat ini kecuali foto2 yang aku upload di facebook (dan juga di sini). hahahahahahaha.

selanjutnya kita drive keluar dari St Mary, maen2 di sekitar GNP, dan menuju ke kota di luar GNP buat cari bahan makanan. kita keliling Montana bagian utara dan sampai di Kalispell, kota yg cukup gede di MOntana. kita belanja banyak barang dan maen ke KFC. SUMPAH, KFC DI AMRIK RASANYA H*NCUR BANGET, masih enakan KFC di Indonesia. rasanya bener2 beda, pasti KFC di Indonesia sengaja dirubah rasanya biar pas sama lidah penduduk Indonesia. kita juga cari tempat laundry dan Mom ngajarin aku cara make laundry umum yg make koin. malemnya kita nginep di Motel franchise yg namanya Super8. selanjutnya udah bisa ditebak: Doni tidur dengan amat sangat nyenyaknya di atas kasur Super8 Kalispell.

a great picture: di belakang ada gunung2 sama salju dan geser satu meter ke kiri ada jurang yang siap menendang kereanjangmu (idiom: kick the bucket)
di belanag sana ada puluhan gunung yang berjajar membentuk Rocky Mountains
A great landscape of GNP : garis horizontal di belakangku adalah trail hikingku menuju camp site deket Chalet. kebayang kan jauhnya gimana? gini2 nih kaki udah pernah nginjek tempat itu looh
Avalnche Creek: bening dan terlalu bersih buat jadi kenyataan
di The Trails of Cedar: aku di depan hulu Avalanche Creek.  so damn beautiful!
Me and hostmom : di belakang ada pohon tumbang, akarnya itu loh!
di sungai deket Trails of Cedar. aku mimisan gara2 udara yang kering dan temperatur yang rendah. hahahahahaha

August 16th 2011

aku dan hostmom cekout dari Super8. kita lanjut keliling Montana bagian utara, ke Whitefish utamanya. disini tempat Rininta, temen dari Chapter Bandung dihost. pengen banget maen ketemu dia, tapi apa daya aku ga tau alamatnya plus aneh juga kalo ada strangers tiba2 njedul di rumah hostfamnya. kita ke Whitefish Safeway, tempat belanja di Whitefish. mom belanja cukup banyak buat keperluan kemping dan bahan makan hari2 berikutnya. pas kita lagi keliling whitefish mendadak mom berhenti di klinik, karena punggung hostmom sakit. disana dia diterapi beberapa menit dan aku nunggu di ruang tunggu. berasa kayak di spa deh, hahaha. dalam beberapa jam berikutnya Whitefish sudah kita jelajahi.

kita menuju bagian lain dari GNP, yaitu Many Glacier. rencana awal sih kita bakal kemping disana karena sodara2 lain pada hiking yang rutenya berakhir di Many Glacier. istilah gampangnya : kita nyiapin kedatangan mereka dengan mempersiapkan camping ground. karena Many Glacier penuh, mom nyari tempat kemping lain yaitu KOA, camping site waralaba yang cukup terkenal di USA. kita dapet di lot K17. tempatnya agak kecil dibanding St Mary, dan kamar mandinya agak jauhan. cuma yang bikin aku kaget : di sini kamar mandinya ada sauna, bath tub, terus ada kolam renang di tengah camping site. omaiigooood. kita makan siang di sini sambil jalan2 ngiterin camping site yang bener2 keren dan modern ini.

entering Whitefish
pusat kota Whitefish. keren banget di belakangnya ada gunung gede membentang!
di tempet chiropractic. namanya dokter pleasants, nama yang bagus.

August 17th, 2011

Salam kemerdekaan! hari ini aku dan mom sarapan pancake di camping site. kita ketemu sama turis meksiko yang lagi menjelajah amrik. keren banget denger cerita mereka yang berangkat dari pegunungan di meksiko, ngelewatin kota yang sering terjaid baku tembak antara kartel narkoba, ngelewatin Albuquerque, main ke GNP, dan rencana berikutnya mereka bakal main ke tempat Indian dan juga ke Anchorage, Alaska. selese makan aku dan mom pergi ngechek ke Many Glacier, siapa tau ada slot yg empty. dan alhamdulillah kita nemu 3 slots in a row, dan kita borong langsung. kita balik ke KOA, packing tenda, dan balik ke Many Glacier. kita rebuild tenda kita.

sekitar jam 11 siang aku dan mom pergi ke danau deket Many Glacier. sumpah danaunya jernih banget. di sini aku hampir aja nginje ular di trail, dan untung aja cepet ngehindar. kita ngelilingi danau make kaki, terus foto2 deh di sini. kita makan siang di cafe, dan aku beli banyak postcard dan nulis di sini. oya, aku juga mau cerita kalo beberapa jam yang lalu AKU LIHAT BERUANG DI DEPAN MATAKU! yep ada mama beruang sama 3 anaknya lewat nyabrang jalan di CAMP SITE. wadepip banget. kita balik lagi ke tenda dan di sana udah ada Will sama Jeanne. kita lunch bareng. Will motong kotak beer jadi postcard dan aku dikasih satu sama dia. hahaha, langsung aja aku gambar2in buat si Pattih di Portland Oregon (Pattih, kalo kamu baca ini, aku cuma mau bilang kalo aku rindu banget sama anak2 AFS-YES INA 11/12. huaaa kapan kita bisa ketemu lagi!). aku juga nulis beberapa postcard buat  temen2 lain. di Many Glacier banyak banget land squirrel bekerliaran. lucu banget deh ngelihatnya.

si ular yang untung saja gak aku injek. untungnya gak beracun
penampakan danau yang sungguh luar biasa!
from left to right : will - me - kathy - annie - jeanne. kita lagi lunch bareng2 di Many Glacier Campground
will and me - kita bikin kartu pos bareng2 make kardus beer

August 18th 2011
bangun pagi kayak biasa. sarapan bareng jeanne, mom, sama will, terus main main lagi. kali ini udah ada alex, kathy, sama annie. plan hari ini adalah maen ke josephine lake bareng mom, kathy, sama annie. kita jalan kaki ke tempat danau dan langsung hiking pendek di sini. tempatnya keren abis, ga nysel buat dilewatin. aku bingung gimana harus menjelaskan, mungkin foto di facebook (dan juga di sini) jauh lebih mendukung daripada tulisan ini. buahahahahahahahahha.

me and Annie in front of Josephine Lake
me and mom in front of Josephine Lake
Kathy and Annie
nyoba panoramic mode - Josephine Lake, Glacier National Park, Montana

August 19th 2011

aku sama mom naik boat ride ke 3 danau besar deket Many Glacier. kita jalan kaki sekitar 20 menit dan langsung nyampe di tempat tujuan. sekali naik harganya 27 dollar, mahal juga ternyata. di danau pertama kita kayak nyebrangin narnia. beneran deh! tempat ini itu kaya baskom yang ditepinya berjajar 7 gunung sekaligus! boat ride pertama sekitar setengah jam ditemani kapten kapal (cewek 20 tahunan) yg ngasih info tentang danau dan sekitarnya. kita stop di pemberhentian pertama, jalan kaki sekitar 1 mil, dan lanjut ke boat kedua. di sini sekitar 30 menit perjalnan. keren deh bisa liat salah satu glacier di sini, bentuknya kayak salamander. kita turun lagi di pemberhentian kedua dan lanjut 3 mil jalan kaki ke danau ke tiga. di sini pemandangannya jauh lebih keren. ada kelas fotografi juga di sini. hahahahaha

selese boat ride kita balik ke camp site dan udah ada rombongan hikers disana. yup kita makan2 bareng dan packing beberapa barang karena besok kita udah harus pulang. malemnya kita main ke Two Sisters Cafe, tempatnya bener2 penuh. aku mesen ayam goreng tepung dan kita makan sampe jam 11 malem di sini. hahahaha. kita balik ke camp site dan aku lsg nyungsep ke sleeping bag buat bobo :3

hostmom - we took a boat ride from Many Glacier to 3 lakes
in the boat - masih sepi jadi bisa foto2
nyoba panoramic mode di danau ketiga
mom took this picture in the way to the 3rd lake. so beautiful!
balik ke camp site: ngumpul bareng keluarga besar
di depan Two Sisters Cafe. di belakang ada peta US dengan plat mobil buat tiap state. berasa kuntet nih di tengah sodara2. hahahaha. L2R: me, Philip, Annie, Ellen, Pat, Hanako, Bill, Simon
boys in the cafe
the Dads and the Moms

August 20th 2011

jam 8 pagi kita otw pulang ke daerah masing2. Jeanne sama Will bakal ke Seattle so kita bakal pisah arah, sementara Alex dan keluarga yg tinggal di Wisconsin bakal stay ride bareng keluargaku disini. kita berjam2 naik mobil, kadang berhenti buat makan. di dalem mobil ada TV (yeep, beneran tivi dan sumpah kaget aja ada tivi dalem mobil. ngileeeer!) terus aku sama annie nonton film bareng deh berdua.

August 21st 2011

Di Minnesota kita berpisah dengan Alex dan keluarga + Hanako n Simon. mereka bakal ke Madison (Hanko n Simon ke Chicago sedangkanaku dan keluarga bakal ke New Holstein. perjalanan kali ini cuma ada dengkur Philip dan Ellen disertai senyum kecilku yg gak nyangka aja kalo ternyata :

1. aku anak INA 11/12 pertama yang traveling sampe lebih dari 4 state (alay kumat)
  2. aku anak INA 11/12 pertama yang lihat salju (alay lagi)
  3. aku anak INA 11/12 yang mungkin merupakan anak pertama yang ngerasain macem2 makanan amerika mulai dari makanan khas Wisconsin, buah2an aneh kayak raspberry, blueberry, cherry amerika, sampe KFC awkward disini. hahahahaha
yep, aku cuma bisa ngucap syukur alhamdulillah bisa ngerasain ini semua. tahun 1910 GNP dibangun ada 125 glacier. sekarang tahun 2011 cuma sisa 25 glacier dan diperkirakan 2023 semua glacier di sini udah lenyap. bahkan ranger juga bilang bisa aja 2020 udah habis mengingat perkiraan tadi dibuat tahun 2003 dan dalam waktu 8 tahun aja perubahan iklim udah drastis banget.

yang ada di benakku sekarang: syukur, syukur, dan syukur :)