Natal 2011 - Indahnya Berbagi dengan Sesama

Di Amerika Serikat, natal itu universal. Setidaknya itu apa yang aku tangkep di sini. Semua orang bener – bener kebawa banget sama suasana natal. Buat mereka natal adalah salah satu momen penting dalam setahun yang wajib di rayakan.

Ada satu kejadian yang bikin aku terharu beberapa hari yang lalu. Waktu itu jam tujuh pagi di hallway deket perpus, aku nongkrong sendirian sambil baca bukunya Jodi Picoult. Sekolah baru bakal start jam 8 pagi, tapi aku harus berangkat lebih awalnya soalnya Phil ada ekskul (math team). Suasananya pas waktu itu udah pasti sepi banget. Jam 7.15 udah mulai ada beberapa siswa seliweran. Salah satunya Cassidy, freshman yang sekelas sama aku di Small Animal Veterinary Class. Awalnya sih aku ga merhatiin banget, yang pasti aku sempet lihat dia bawa bungkusan gede. Tiba – tiba dia berhenti di depanku.

(This conversation is translated into Indonesian for safety reason. Hahaha.)

C: Doni, met pagi.
D: Met pagi.
C: Eh, aku bawa sesuatu nih buat kamu (sambil nunjukin bungkusan kado warna biru muda)
D: maksud kamu?
C: aku bawain kado natal buat kamu
D: really? (sumpah kaget abis! Apalagi itu juga baru tanggal 20 Desember)
C: iya, ibu aku ngasih ini buat kamu
D: masa? (sumpah, aku kan sama sekali gak kenal sama ibunya dia! Wad de hek!)
C: hahaha. Iya doni, dia bikini sesuatu uat kamu. Buka aja deh (sambil ngasihin tuh barang ke aku)
D: *srek srek* (buka kado) eh ini kok kayak bantal ya?
C: itu namanya corn cuddler doni, ibu aku yang bikin buat kamu.
D: hah? *tampang bloon*
C: ini buat ngangetin badan sama ngurangi pegel – pegel

Ternyata memang kebaikan itu asalnya bias dari mana aja. Jadi sejarahnya gini; aku kan manager club crosscountry. Crosscountry itu semacam lari lintas alam yang sumpah sibuk banget (tiap hari lari minimal 8 kilo, tiap minggu pasti lomba. Bahahaha derita amat). Di klub itu aku tiap hari pasti disibukin sama yang namanya ngedata lari sampai jepret foto sana – sini buat dokumentasi. Ada tiga cowok di crosscountry; Mason sama Jared (High School) plus Levi (Middle  School) yang aku *ehem* manajerin bersama anak – anak lainnya. Ketiganya bersaudara (ditambah Cassidy). Ternyata pas mereka pulang ke ruamh kadang mereka cerita ke ibunya kalau mereka punya manager yang ganteng kadang sering kedinginan pas lagi ada latihan cross country. Terus pas akhir November si ibu punya rencana buat bikin corn cuddler buat aku. Corn cuddler itu semacam bantal yang kainnya tebel dan halus.di dalemnya diisi jagung mentah asli Wisconsin. Cara ngegunainnya cuma butuh dipanasin di microwave selama 3 – 5 menit lalu setelah itu ditempelin di tubuh yang butuh kehangatan (halah) atau bagian yang pegel.

Waktu itu aku terharu banget. Jujur aku sama sekali belum pernah ketemu ibunya mereka, bener – bener gak kenal! Tapi subhanallah perhatian beliau buat aku gede banget. Kadang hal – hal kayak gini nih yang bikin kita tersentuh, iya gak? Buat tanda terima kasih aku bikin lukisan Mason, Jared, Cassidy, sama Levi buat hadiah natal ke keluarga mereka. Aku bikin framenya sendiri make mat board. Terus tanggal 22 kemaren aku kasih tuh kado buat Cassidy di kelas. Dia seneng banget. Dia bawa pulang tuh lukisan. Kata dia ibunya suka banget sama lukisan itu, terus digantung deh di dinding.

Inilah indahnya berbagi. Buat aku, natal bukanlah milik agama tertentu. Sama kayak Lebaran yang juga bukan milik agama aku doang. Semua orang pantas buat merayakannya, nothing to argue about. Dunia ini bakalan jauh lebih indah kalau semua orang bias saling menghargai dan perhatian terhadap orang lain.

Doni Achsan



Update: Karena aku gak punya foto lukisanku itu, aku gak bisa nunjukinnya di sini. 1 September 2012 lalu, aku dikagetkan dengan foto yang diupload Cassidy dan aku ditag di situ. Ternyata itu foto dari lukisanku yang dulu aku kasih ke dia!

So, here it is:



I really miss you guys, Taylors!

Doni Achsan


You Might Also Like

2 comments

  1. pengalaman menarik! kebahagiaan seutuh-utuhnya, memang kalau dirayakan secara bersama-sama ;)

    ReplyDelete

leave your reply here

INSTAGRAM @DONIACHSAN