DISNEY WORLD! - A Better Understanding for a Better World (BUBW) Conference 2012

Oke, ini telat banget. Tapi aku bakalan nyesel abis kalo ga sempet ngeposting pengalaman aku yang satu ini di blog. Mari kita flashback tiga bulan yang lalu.

Januari 2012

Masih inget kan postingan aku yang juara 1 kontes presentasi AFS? Yap, aku peringkat pertama kategori individu dengan jumlah presentasi total 77 (angka cantik banget). Nah, aku dapet undangan dari AFS buat ikut Better Understanding for a Better World (BUBW) Conference 2012 di Orlando, Florida. FLORIIIIDAAA MAMEEEEEN! Lengkapnya di Disney World Orlando, Florida. One more time; Disney WOOOOOORRRRLLLLDDDD! Bukan Disney Land, bukan Disney Sea. Dan sumpah waktu itu beneran berasa kayak terbang sampe kayangan. Muahahahahaha.

8 Februari 2012

Foto di depan resort tempat kita ngenep. keren abis!


Oke, konferensi bakal berlangsung dari tanggal 8 sampe 12 Februari 2012. Aku terbang sendiri dari Milwaukee ke Cincinnati, Ohio. DI sana aku transit 2 jaman. Itu pertama kalinya aku plesir sendirian ke luar state. SENDIRI. Sumpah rasanya seneng banget bisa pergi – pergi sesuka hati tanpa bantuan orang lain -> berasa kayak anak kuliahan aja. Oh iya, ini pengalaman pertama aku terbang naik pesawat sendirian juga. Dari Cincinnati, aku langsung terbang ke Orlando. Sesampai di Orlando International Airport, aku langsung ambil luggage dan menuju ke counter Disney World resort. Saking gedenya Disney World, mereka sampe punya counter gede banget di bandara itu; lebih gede daripada counter – counter airlines kayak United atau Southwest. Serem abis!

Nah, aku antri bus. Ga lama kemudian muncul makhluk item gondrong di balisan belakangku. ARIEF! Muahahahaha, akhirnya setelah sekian lama ketemu anak dari Indoensia juga. Beidewei dia dapet placement di Alaska (maksluk yang satu ini dari Chater Surabaya), so pasti dia udah naik pesawat berjam – jam lalu. Aku juga ketemu Sam kahler, coordinator dan perwakilan AFS (konsorsiumku) di BUBW kali ini. Orangnya tinggi, cakep, dan baik hati pula. #maho

Sesampai di Disney World, kita langsung menuju Disney World All Star Movie Resort. Di sana aku ketemu dua makhluk halus lain yaitu Ucun (Chapter Malang. Nama aslinya Siti #buka-aib) sama Nabila (Chapter Bandung). Kayak biasa kita ngehebring gila – gilaan. Alhamdulillah aku ketemus ama temen baik aku dari Turki, Mehmet. Dulu kita satu grup pas ori di D.C. Kita juga terbang bareng ke host state kita, Wisconsin. Di sana ada beberapa anak di lobi, ada Zanygul sama Zhass dari Kirgistan, Ksenia dari Moldova, dll. Aku dapet roommate tiga orang: Austin dari Amerika Serikat, Wahid dari Pakistan, sama Metz dari Macedonia.

Malemnya kita ada pizza party. Muncul juga makhluk lain, yang gak lain si Santika dari Chapter Jogja. Satu hal yang aku tangkep; pipinya tambah cempluk. Banget. Kita ada orientasi dan pengenalan diri masing – maisng.

Kamera aku hampir aja ilang.

Oke, itu kamera seharga $1000. Dan itu ilang.

SUMPAH AKU PANIK ABIS! Untung temen – temen banyak yang bantu nyari. Dan Alhamdulillah ketemu. Muahahahaha, ga banget ya sampe ngerepotin banyak orang gini #malu


Hari pertama: Ksenia, Olga, ma Zhanygul

9 februari 2012

Reblog Ucun:

“Epcot Theme Park was the first place to go on the first day. The wonderful speakers such as Imam Mohamad Bashar Arafat, Kimberly King and Hamzah Khan introduced the participants about the background of this program, what CECF actually is, and the whole idea about BUBW Conference. The concept that we all are the family of Adam and Eve gave the students a better idea that each of us is same but different and unique at the same time. That we are nothing compared to this whole universe and we have time limit to live our life to the fullest. It depends on us, what we can do to make this world better. Students are so interested in the topics that all of the speakers talked about. Strong speech was given by Sultana Ali as the keynote speaker during dinner. She delivered quotes of many successful people all around the world.” (Ucun, 2012)

So, kita jalan – jalan ke salah satu theme park di Disney Land yang namanya Epcot. I totally had a blast! Ancol sama Dufan kalah jauuh! Jadi Epcot tuh theme park futuristic yang menekankan ke ilmu penegtahuan. Dan sumpah roller coasternya buanyak banget. Aku naik tiga biji bareng sama makhluk – makhluk halus lain (Nabila, Arief, ucun, Santika). Grup kita juga nambah satu anak lain: Simona dari Lithuania. Sumpah asik banget! AWESOME DAY!

“Breakout sessions were led by the chaperones who were already assigned to assist the students during the conference. Students’ participations make the event alive with so many brilliant questions and answers. They were so brave to say what really happened in their countries, the reason why and the idea to solve it. It ended with several students gave presentations to sum up what they just discussed in the sessions. A little rest by cultural presentations given by students from Germany, India, Pakistan, Bangladesh, and Tunisia were so informative and amusing, again, a strong bond created by knowing each other better.” (Ucun, 2012)

Ada satu kenangan yang pahit tapi indah banget buat dikenang. Pas sesi instrospeksi diri, si ucun cerita tentang perjuangan bundanya dia. Ga perlu aku ceritain detailnya, yang apsti aku tersentuh banget. Aku bangga banget punya temen kayak Ucun, yang bisa ngelaluin banyak rintangan dan tetep tabah walau ada cobaan. Jadi keinget anak – anak YES laind ari Indonesia. Kita ber-70 punya satu kesamaan: kita pernah ada masalah besar, bisa nyeleseinnya, dan mengambil hikmahnya buat masa depan!

Breakfast

Aku sama si Mehmet dari Turki

Sebelum naik wahana Spaceshift bareng Arief, Simona, Nabila, Ucun, ma Santi (Ucun ma Santi ga ada di foto)

10 Februari 2012

“The interfaith day on the second day was another way to facilitate everyone visiting and seeing the religious practices and worship places of three different religions which had been existed since years and years ago. Students were so curious to know as much as they can from Judaism, Christianity, and Islam. As a symbol of respect, the boys wore kippah or a small cap before entering the synagogue, and girls wore scarf before entering the mosque.” (Ucun, 2012)

Oke, hari ini kita ada banyak banget sesi interfaithnya. Kita belajar banyak banget tentang agama – agama lain kayak Yahudi, Kristen, dan tentunya Islam dong. Yang aku gak suka dari sesi ini adalah masih banyak anak – anak (terutama dari Negara P di Asia Selatan – tau kan?) yang nyolot dan ga bias terbuka di sesi ini. Pandangan religiusku adalah moderat. Aku gak mau karena agama aku jadi benci orang lain, ga bisa terbuka sama ide – ide baru, dan jadi kolot dan konserfatif sama budaya yang seharusnya dirubah menyesuikan kemajuan zaman. Buat aku, agama adalah panutan dalam menjalani hidup ini yang membawa kedamaian di hatiku. Aku ga  au agamaku malah bikin aku merasa khwatir dan cemas terus karena takut “melanggar hokum agama” pas melakuin sesuatu. Emang, takut sama agama itu lumrah. Tapi rasional juga dong. Nah, pas sesi ini aja banyak banget anak – anak P yang terlalu kritis pas sesi interfaith di synagogue (tempat ibadahnya orang Yahudi). Elus dada deh.

“It’s just so beautiful to experience a religious practice that we’ve never done before, not judge other people without knowing what it does really mean and teach us about. Everyone was expected to be respectful in these holly places, same thing with the hospitality shown by the Rabbay, Pastor and Imam. The next thing was Panel Discussion presented by three representatives from each religion. It broke any misunderstanding and misconceptions that we all had before. Again, a strong bond created by knowing each other better.” (Ucun, 2012)
Di synagogue


Foto bareng Imam Bashar Arafat

Walo gitu, aku salut sama kebanyakan anak. Walaupun pas sesi interfaith banyak pertanyaan “konyol” dan “jleb”, tetep aja mereka tuh siswa pilihan dari negara masing – masing. Di akhir sesi kita pun udah bias dapet kata mufakat dan ga eyel – eyelan lagi.

Sorenya, kita ke Disney Themed Park Magical Kindom. MAGICAL KINGDOM MAMEEEEEN! (Semoga Avi sama Ketrin baca postingan ini. Muahahahahahaha). Di sini sumpah kita have fun banget! Aku, Santi, Arief, sama Ucun jadi satu grup bareng muter – muter theme park yang satu ini. Kita naik roller coaster (aku lihat Rama sama Shinta dari Indonesia di “It’s a Small World” roller coaster. Huaaaa!)

Pas mau pulang ternyata hujan deres. Ada beberapa anak (dari P) yang GOBLOK BANGET. Udah tahu di suruh nunggu di depan entrance eh malah asal naik monorail (buat ke Disney park ini kita naik monorail. Keren gilaaa B-)). Gawatnya, mereka salah naik monorail dan nyasar. KITA HARUS NUNGGU DI BAWAH DERASNYA HUJAN ORLANDO SELAMA 2 JAM LEBIH. Mampus. Tapi ada sisi positifnya; aku ma temen – temen lain hujan – hujanan kayak anak kecil. Heboh abis! Pulang, basah kuyup, aku langsung mandi dan tepar di kasur.

Rama sama Shinta. Unyu banget deh

Di depan Cinderella's Palace: Arief, Santi, Ucun, ma aku.


11 Februari 2012

Best day ever in Orlando.

So, kita dapet jatah keluyuran di Theme Park yang kita suka. Ada dua pilihan: Animal Kingdom atau Planet Hollywood. Awalnya sih pengen Planet Hollywood, tapi banyak banget anak yang di ke sana (secara, Hollywood gitu). Aku, Santi, sama Ucun akhirnya milih Animal Kingdom. Yang ke sana Cuma sekitar 11 anak aja. Ang it was the right decision.

Berhubung kelompok kita kecil, kita langsung bias koordinir dengan cepat buat naik bus ke sana. Objek yang kita kunjungin ada banyak banget. Kita naik roller coaster yang namanya Mount Everest. SEEEREEEM GILAAAAA! Tapi asik banget. Muahahahaha. Terus kita coba arum jeram, yang asik banget. Sayangnya, setengah badanku basah semua. Same goes to Santi. Dia malah lebih “klebes” daripada aku. Kita juga nonton musicalnya The Lion King. KEREEEEEN ABIIIIIIS! Bener – bener worthed deh.

Santi, Aku, LC dari Argyle Cluster, sama Noza
Ada becak di Disney World!

Sembari ngantri naik Himalaya, foto bareng sama anak Jogja yang satu ini deh.

Di Animal Kingdom bareng Pluto & Goofy
The Lion King Musical - KEREN ABIS!

Sorenya kita ada Banquet sama Certificate Ceremony. Astaga, ga nyangka aja bakal secepat ini konferensinya. Dari Indonesia kita bakal perform medley dance. Keren habis pokoknya! Pertama – tama, Arief nari saman sendiri buat pembukaan. Terus muncul Santi nari pake lagu Dayung Sampan-nya talent show nasional. HUAAAA, KEREN MAMPUS! Terus gue muncul deh. Muahahahahahaha. Aku nari Tari Baladewa, yang 60% aku awur (aku lupa banyak bagian. Huahahahahahaha). Gak nyangka performku banyak banget yang suka. Aku disalamin banyak orang setelah itu. Selanjutnya muncul si Arief, dia nari pake pecut gitu. Semua orang pada histeris. Terakhir si Ucun muncul. Sumpah tarian dia ori abis, beda sama tariannku yang murni “hasil kreativitas dadakan”. Hahahahaha. Buat nutup, kita nari saman pake lagu Yamko Rambe Yamko (atau apapun itu). Nih aku upload videonya:

Terus ada satu temen dari Rusia, namanya Lina. Pas dia maju ke depan buat pidato mewakilin Rusia, kita SEMUA sukses dibikin nangis sama dia. Jadi dia cerita betapa asiknya punya temen kayak kita, ngehabisin waktu  buat diskusi tentang komunikasi antar agama. Terus di depan semua anak dia declare buat masuk Islam! Huaaaaa! Jadi orang tua dia Rusia itu Muslim. Cuma keduanya ga pengen mempengaruhi anaknya buat mengikuti suatu agama tertentu. Nah, Lina tumbuh dengan kebebasan untyuk memilih agama. Dan dia milih buat tumbuh tanpa-Nya. Begitu lagi konferensi, tiba - tiba dia tersentuh aja lihat indahnya agama Islam, agama yang membesarkan kedua orang tuanya. Mendapat hidayah, dia putuskan buat masuk Islam. Keren kan ya? 



Last day was so emotional for us. Nobody wanted to leave this wonderful conference. It’s not only about conference itself, but it’s also about the friendship chain that was built since the first second in BUBW, one motion of happiness that we all did together in the rain, One voice singing together, the stories shared to all of us, and one dream for all of us to achieve. There were banquet program and cultural performances by students from Ukraine, Senegal, Tajikistan, Indonesia, India, Pakistan, and Bangladesh with standing ovation from everyone. A lot of students wore their national dresses which seemed like the fairy tale characters according to Disney’s visitors. Finally, several students gave their speeches about how BUBW really mean to them. It was so sad and made us realized how wonderful these three days in our life. The very end session was the certificate ceremony to all of the participants and people who have contributed a lot in BUBW.” (Ucun, 2012)
INDONESIANS!

Nabila ma Santi

Foto bareng Imam Bashar Arafat pas Certificate Ceremony


12 Februari 2012

Time to go home. Subuh semua luggage udah aku packing. Aku berangkat jam 8.45 dari sini. Alhamdulillaha ku sepesawat sama Nabila, Mehmet, dan temen – temend ari Wisconsin lainnya. Kita terbang sampe Chicago terus ganti pesawat. Dari O’Hare International Airport (Chicago, IL) aku terbang sendirian ke Milwaukee. DI sana udah ada Dad yang siap nganter pulang ke Chilton.

Well done BUBW Florida alumni! We will spread the message of this Human Conference to our community, this one mission, peace. All of us, the young generation are needed to fix whatever it is not right and change whatever it is that needs to be changed. Thanks for US Department of State, CECF, our placement organizations, and everyone who gave us this opportunity and passed this passion through us to change the world.” (Ucun, 2012)


PROMOSI: Guys, kalo kalian pengen abca tulisan berkualitas tentang exchange year baca blognya Ucun ya! Ini linknya -> http://snfs-sitinurul.blogspot.com/

Thanks buat Ucun yang telah merelakan tulisannya aku comot dengan leluasa. Muahahahahahahahaha. Cek deh tulisan dia tentang BUBW di http://snfs-sitinurul.blogspot.com/2012/02/there-i-am-in-disney-world.html?showComment=1337702831470#c2387565463350817206

You Might Also Like

2 comments

  1. Eh Don, lu bikin nangis gua aja.. Tulisan kamu tuh ringan tapi ngena banget. Bangga deh punya temen kayak Doni. Tulisanku yang kamu comot gak banyak kok, cuma 6 paragraf, -___-"
    n namanya dong bagusan dikit, jangan ucun, nama beken di Amerika kan Siti. hahahhahaa

    ReplyDelete
  2. Ga bisa, sekali Ucun tetap Ucun. Muahahahahahahahahahaha

    ReplyDelete

leave your reply here

INSTAGRAM @DONIACHSAN