Kenapa Harus Galau?

Okay, it has been a while since the last time I posted a note in facebook.

Jadi gini, tadi malem buka FB dan liat foto temen - temen smansa angkatan 2012 pada purnasiswa. entah mengapa, tiba - tiba jadi galau aja. semalem ga bisa tidur, bayangin hal - hal yg aneh - aneh setahun kedepan: bisa ga ya ketrima jalur undangan? bisa ga ya adaptasi lagi sama angkatan baru? dsb.

paginya aku sholat subuh dan seger lagi. ga tau kenapa galau semalem ilang semua. aku pikir2, ada beberapa hal positif yang sebenarnya patut banget buat disyukuri:

1. Aku purnasiswa tahun ini di Chilton tanggal 3 juni. tahun depan aku purnasiswa lagi (amin) di WWP sama angkatan baru. berarti aku purnasiswa dua kali dong? wah asik tuh hidup aku limited edition banget :B

2. Alhamdulillah walau cuma 2 tahun bersama angkatan smansa 2012, tapi tetep aja  bener - bener asik dan memorable. lalu, hampir setahun yg lalu aku dateng ke sini, Chilton, dan ditempatin di Chilton High School. Ngerasain jadi bagian Chilton High School Seniors (the Class of 2012) bener - bener unik. aku ketemu lebih banyak orang, ngerasain sendiri point of views orang - orang di sini. aku juga ketemu banyak junior/sophomore/freshman yang bikin exchange year aku di sini unforgettable banget. tahun depan aku balik ke smansa dengan angkatan baru. jelas banget bakalan ketemu orang - orang baru dengan point of view yang berbeda - beda pula. Jujur aku ngerasa beruntung bisa belajar perbedaan kultur kayak gini. beda angkatan 3 kali selama masa SMA itu epic loooh :)

3. Oke, aku pergi ke Amrik jauh dari ortu dan kerabat. Walau tinggal dengan host family, tetep aja aku haus bisa mandiri dan belajar cara otonomi yang efektif supaya hidup aku di sini ga ngenes (halah). gampangnya, exchange year kali ini bisa jadi guru buat aku nanti kuliah di Indonesia. pengalaman tinggal jauh sama ortu, homesick, sampe melarat nunggu kiriman duit dari Dept. of State itu 11:12 sama ntar kuliah nanti: tinggal di luar kota, kangen keluarga, nunggu kiriman pesangon dari orang tua perbulan. hahahahahahahahaha.
PS: Kita belajar juga bisa manajemen duit dan waktu, volunteering, dsb.

4. AKu ga sendirian. banyak temen - temen AFS/YES di Amrik dan Eropa yang juga ngulang. Kita ber-93 ori bareng, berangkat bareng (yg YES), dan sama - sama hidup di negeri asing selama satu tahun. Bisa kenal sama orang - orang hebat kayak mereka tuh mukjizat banget! Mata aku ga hanya ngelliat orang - orang jateng aja, tapi juga temen - temen lain dari berbagai penjuru Indonesia. keren kan? Begitu sampe di sini, aku kenal banyak temen dari negara lain. aku punya temen cewek satu sekolah yang dari Norwegia. terus anak - anak AFS di area team aku ada yang dari Thailand, Jerman, perancis, Italia, dll. Punya banyak temen dari ebrbagai kultur itu keren abis.

5. Tinggal di negara yang beda bahasanya itu ga gampang loh. Awal - awalnya itu susah banget buat ngomong. walau ikutan debate tetep aja impromptu conversation itu beda sama bikin coret2an sebelum maju ke hadapan adju. bener deh satu bulan pertama aku di sini gagu banget. Hikmahnya sekarang udah 10 bulan di sini Inggris aku tambah lancar. :3

6. Di smansa magelang buat dapet nilai perfect itu bisa dibilang susah banget. Kepala 9 di rapor aja langka. Setidaknya di sini aku pernah dapet straight A dengan GPA 4. Ohohoho, lumayan kan sekali seumur hidup bahagia kayak begitu. sistem pendidikan di sini itu lebih singkat dan efektif daripada di Indonesia. bayangin, 5 hari per minggu 4 mapel doang. jelas banget murid - murid bisa pada fokus. Walau pas balik besok aku bakal merana lagi, setidaknya dapet perfect scores udah kecentang di bucket list aku :)

7. Setidaknya aku bisa belajar moral setelah sekolah di Chilton. Di sini yang namanya nyontek pas ulangan itu langka banget. dan orang yang nyontek di sekolah aku tuh di stereotypin habis - habisan. Kalo mau ngopi pe er temen aja pada enggan. Ohoho, moral aku setidaknya ada perbaikan deh walau dikit :P

8. Oh yeah satu lagi: di sini kelas 12 bisa ikutan lomba - lomba. Makanya bisa dapet banyak piagam. uang ahdiahnya juga luamayn bisa buat jajan dan beli oleh - oleh. Huahahahahahahahahahaha #licik

DLL

So, sebenarnya ngulang setahun tuh ga bikin galau - galau amat kok. Ga bisa masuk universitas tahun ini juga masih ada waktu buat catching up. Siapa tahu piagam - piagam aku di sini bisa kepake buat SNMPTN tahun depan dengan bobot yang lumayan gede? Belum kalo ngitung pengalaman - pengalaman berharga yang aku dapetin di sini. Nah kan kalo positive thinking dari awal semua tuh bakal ayem tentrem aja ;)

Coba bayangin kalau sekarang aku masih di Indonesia ga bakal nih dapet kesempatan "emas" kayak ginian sebelum prom? muahahahahahahaha #lick


You Might Also Like

2 comments

  1. Ciyee mas den-dam ngasih komentar *berasa seleb* iya bgt mas di sini dapet A tuh gampang bgt kalo rajin. Di indonesia modal rajin aja ga cukup ... :'(

    ReplyDelete

leave your reply here

INSTAGRAM @DONIACHSAN