I Found Paradise in Shoujo Mangas

Jadi begini, aku sekarang lagi bosen baca shounen.

Udah pada tahu kan kalo best-selling manga kayak One Piece sama naruto kena banned di mangafox, onemanga, dll? Dua bulan lalu aku Alhamdulillah bias beli iPod Touch 4G dari hasil jual lukisan (baca artikel sebelumnya yang tentang lomba –lomba lukis). Aku beli App yang namanya Manga Rock. Di sini kita bias download manga sepuasnya dari MangaReaders, Magafox, atau MangaEden (baca: download! Jadi kalo offline pun tetep bias baca). Berhubung aku suka banget baca shounen macam One Piece, aku desperate banget ga bisa nemu high-ranked manga kayak begituan. Untung Fairy Tail ga kena banned, jadi tetep bias baca. Setelah sampe episode paling anyar, aku ganti baca RAVE master. Rave master udah selese dibaca, ganti ke Defense Devil Lawyer. Dan seterusnya. Sampe bosen banget baca manga.


Suatu ketika aku iseng nyari manga pake keytag “school life”. Dan dari situlah aku nemu beberapa manga keren yang asik banget buat dibaca. Dan manga – manga itu kabanyakan shoujo. Jegler! Pasti dear readers pada mikir yang aneh – aneh kayak “masa cowok baca shoujo” “ih, mas doni bacannya begituan” “astaga, bagusan baca ecchi (a.k.a. manga yang buka – bukaan) don!” dsb. Oke, awalnya emang aneh. Tapi ya gimana lagi soalnya bagus banget plotnya. Walau kualitas gambar kebanyakan kalah jauh sama manga – manga shonen, tetep aja plot harus bisa mengalir dengan asik.

1.       Mahou Sensei Negima!



So, manga pertama yang aku baca judulnya “Mahou Sensei Negima”. Sebenarnya ini lebih ke shonen daripada shoujo. Engga ding, ini lebih ke ecchi daripada shoujo atau shounen. Hehehe, dulu aku suka baca Love Hina jadinya sekarang baca ini (Ken Akamatsu jadi pengarang kedua manga tsb.). Ceritanya tentang anak kecil yang jadi guru di all-girl school. Nah, si anak kecil ini (cowok) sebenarnya adalah penyihir yang berlatih biar jadi expert denganc ara ngajar di sekolah tsb. Banyak banget adegan ecchinya yang bikin ngakak sampe nangis (beneran, ngakak sampe nangis!). Muahahahahahaha.

2.       Kaichou wa Maid-sama



Ceritanay tentang Ayuzawa Misaki yang adalah ketua OSIS (student council) di sekolah yang dulunya buat cowok aja. Beberapa tahun sebelumnya sekolah tsb buka spot buat cewek juga. Nah si Misaki ini bener – bener kayak iblis; dia tega nyiksa murid – murid cowok buat ngedisiplinin mereka. Tujuan utama dia sih pengen ngelindungin populasi cewek di sekolah itu suapaya ga dinakalin ma cowok – cowok. Dibalik kegarangannya, Misaki sebenarnya kerja di semacam “kafe cosplay” dan setiap hari pake cosplay pelayan. Bayangin, tiap pelanggan yang dating dia harus nyapa “Selamat Sore, Tuan. Ada yang bisa saya bantu”. Muahahahahahahaha, beda banget sama karakternya di sekolah. Sampe suatu hari salahs atu cowok dari sekolahnya (Usui) mergokin si Misaki pas kerja di Maid café tsb. Ceritanya panas-adem banget, beda sama shounen2 yang pernah aku baca sejak dulu. Banyak yang bikin ngakak, muahahahahaha. (btw nih manga masih ongoing)

3.       Special A



Jadi di sini tokoh utama (cewek, namanya Hikari) selalu peringkat dua terus dari SD. Yang peringkat pertama, Takishima, selalu jadi saingan berat di Hikari. Tujuan hidup si hikari Cuma satu: ngalahin si takishima. Satu hal: PLOTNYA KEREN BANGET. Dari yang awalnya saingan mulu, lama – lama jadi timbul rasa saying (ceilah). Buat lengkapnya dear readers baca sendiri ya, biar aku ga perlu bocorin. Hehehehe. MUST READ MANGA! (PS: art-nya agak mirip shounen, tapi plotnya shoujo banget. Ada 99 chapter dan udah tamat)

4.       Fruit Basket



HUAAAAAA! Best Shoujo all time! Dulu pas masih di SMP pernah dipinjemin temen dari vol 1 sampe 3. Walau ga selese baca, manga yang satu ini nancep banget di memori. Keren banget plotnya!  Jadi gini, Toru Honda, cewek yatim piatu, diambil (halah! Maksudnya diajak buat tinggal bareng) sama Shigure Shoma karena ga punya tempat lain buat tinggal. Dia ketemu sama Yuki Shome, cowok paling popular di sekolahnya. Plus Kyo, sepupu Yuki yang ebnci banget ma Yuki. Toru secara ga sengaja tahu rahasia besar keluarga Shoma, yang shocking banget! Dan dari situlah, Toru berusaha keras “memperbaiki rahasia itu”. Sikap dan perangai Toru bikin plot manga ini KEREN ABIS!

5.       Koukou Debut



Haruna (cewek super tomboy pas SMP) adalah penggemar berat manga shoujo. Dia pengen punya pacar pas SMA, dan berusaha memperbaiki penampilannya biar ada cowok yang “ngegaet” dia. Gimanapun juga, tetep aja dia ga berhasil. Suatu ketika dia ketemu Yoh, kakak kelasnya yang punya “sense of beauty”. Haruna minta tolong Yoh supaya jadi coachnya buat memperbaiki penampilannya. Yoh awalnya nolak, tapi akhirnya nerima dengan satu syarat: Haruna ga boleh jatuh cinta sama Yoh. Udah bisa ketebak kalo plotnya bakal kayak gini: Haruna jatuh cinta sama Yoh. Den beneran kejadian. Cuma ada satu hal: banyak banget event-event yang bikin plot utamanya panas dingin! Ga nyangka aja dari plot yang sesimpel itu bisa bikin nih manga keren abis! MUST READ MANGA.

Oke, kayaknya itu dulu deh yang bisa aku kasih review. Kalo ada manga keren lain entar aku update lagi. Stay tuned, dear readers! J

You Might Also Like

2 comments

  1. yeeee we're one alliance kak ! i haven't read Mahou Sensei Negima! yet, but i'll try to look it up later~

    tapi dari no 2 - 5, setuju, totally sugoii >.<

    ReplyDelete
  2. Hahahahahaha, aku biasa aja tuh bacanya. Eh, itu yang Mahou Sensei Negima ada 300an chapter. walau udah completed, tetep aja makan waktu lama. btw baca postingan terbaruku yang etntang lomba lukis sama disney world yah. muahahahahahahahahahahahaha

    ReplyDelete

leave your reply here

INSTAGRAM @DONIACHSAN