Antara Belanja, Goodwill, dan Gratitude

barusan iseng ngitung hasil belanjaanku selama hampir dua bulan di sini. sumpah kageet banget.

seharusnya gambar ini aku taruh di bawah. tapi biar lebih unyu aku taruh di sini aja *norak*
  1. sepatu all-sport Teeve ---> 139 dollar
  2. kemeja GAP kotak2 ---> 34 dollar
  3. kemeja abu2 long sleeve abu2 ---> 20 dollar
  4. t-shirt "OMG AKA WTF" ---> 25 dollar
  5. t-shirt "tuxedo" ---> 25 dollar
  6. jaket 4 musim ---> 89 dollar
  7. 3 short kotak2+ sabuk ---> 13x3 = 39 dollar
  8. sweatshirt WISCONSIN merah ---> 28 dollar
  9. sweatshirt green bay "packer" ---> 32 dollar
  10. celana bahan ---> 49 dollar
  11. jeans Hollister ---> 48 dollar
  12. jeans American Eagle dua biji ---> 42x2 = 84 dollar
  13. kemeja polo ungu ---> 18 dollar
  14. army cap ---> 15 dollar
  15. red winter cap ---> 23 dollar
  16. vest kotak2 ---> 17 dollar
  17. paper denim clothes ---> 48 dollar
  18. long sleeve t-shirt ---> 17 dollar
  19. t-shirt AFS camp 2 biji ---> 15x2 = 30 dollar
  20. sweatshirt AFS World Class ---> 20 dollar
  21. sweatshirt Chilton Crosscountry ---> 22 dollar
  22. dasi john bartlett merah ---> 56 dollar
  23. kemeja hollister ---> 37 dollar
kalo ditotal berapa ya? ...

915 dollar. 
kalo satu dollar diibaratkan sembilan ribu, berarti aku udah belanja ...

******* rupiah


oke ini unbelivable banget. aku bawa 400 dollar dari indo buat jaga2 kalo ada sesuatu. dan kayaknya cuma baru habis 100 dollar, itupun buat keperluan sekolah. kalo baju dan lain lain biasanya dibeliin sama hostfam. ya ampuun, ternyata pengorbanan hostfam gede banget cuma buat ngehost aku. terharu banget. itu baru belanja dalam bentuk "pakaian" yg aku masih inget. masih banyak baju2 lain yg mereka aksih. belum biaya buat trip ke New York City, ternyata mereka udah nyiapin "kursi" buat aku di trip itu bareng temen2 senior di Chilton. dan biayanya **** dollar. berapa juta ya? :')

Oke, di sini aku bakal cerita tentang Goodwill. pertama kali aku belanja di amrik, aku kira semua barang2 alias baju2nya mahal banget. aku jalan2 di milwaukee sama appleton, di mall tepatnya. harga pakaian di sana selangit! buat beli t-shirt aja minimal 10 dollar. dan karena itulah aku kaget banget pas dikasih tau kalo temen aku cuma habis 40 dollar dan dapet banyak banget barang kayak delapan baju dan beberapa jeans. dia beli di Goodwill. oke, aku penasaran banget ma toko itu.

siang ini aku main - main ke manitowoc bareng mom. aku iseng nanya ke dia Goodwill itu apa, dan dia bilang kalo itu semacam secondhand store. dia pun langsung ngajak aku buat ke sana (taktik berhasil!). and guess what?! AKU KAGET BANGET JAKET GAP YANG HARGANYA 80 DOLLAR JADI 9 DOLLAR AJA! huaaaa! JEANS YANG BIASANYA DIATAS 40 DOLLAR CUMA 5 DOLLAR AJA! huaaa lagi! KEMEJA - KEMEJA HARGA RATUSAN DOLLAR JADI 12 DOLLAR DOANG! *menggelepar*

kata mom, Goodwill itu semacam secondhand store alias toko barang bekas. eits, jangan salah sangka dulu. di sini kualitasnya terjaga banget. jadi sistemnya kita nyumbang pakaian atau barang2 ke goodwill, ntar sebagian yang bagus2 dijual lagi dengan harga miring. yang kurang bagus didaur ulang. terus kalo kita donate kita bisa dapet kupon belanja atau kupon diskon di toko2 terkenal kayak Boston Store (aku beli dasi 80 dollar jadi 56 dollar berkat kupon Goodwill. hahahahahahahahha). uang penjualan digunakan buat ngejalanin Goodwill (biaya operasionalnya) dan sebagian dibuat amal. bener2 hebat banget nih toko! biasanya baju2 yg disumbangin di cuci ulang sampe bersih banget, kalo ada yg rusak direstorasi. sebagian pakaian juga disumbangin buat para homeless. kadang iri juga kenapa di Indo gak ada toko kayak Goodwill, tapi bakal malu juga kalo ada toko ginian di Indo (bayangin banyak orang yg rakus sama barang obral, terus menggila di sana kayak pembagian BLT atau raskin atau another "Indonesia Mencari Zakat".) oleh karen itu hostmom jarang banget ko Goodwill kecuali buat donate pakaian. buat dia, kita yang tergolong mampu lebih baik jangan ke goodwill, karena kita sama aja ngambil kesempatan orang2 yang bener2 "butuh" untuk dapetin baju di sana. tapi dia maklum juga sama aku yang bener2 excited ke toko ini (dia bilang anak2 YES/exchange student emang seharusnya ke sini daripada ke mall habisin duit. apalagi kalo kiriman uang perbulan cuma 125 dollar. hahahahahahahaha). tapi berhubung hostfam bisa dibilang mampu buat beli pakaian di toko biasa, so why not?

so that's it. Proud. bangga banget sama hostfam dan Amerika - Amerika lain yang bener2 sadar sama hal beginian. Gratitude. makash banget buat mom tercinta yang udah beliin banyak barang Amerika - Amerika yang udah donate ke Goodwill sampe bisa jaya kayak sekarang. patut di contoh nih sama Indonesia.



Peace, Love, and Unyu
Doni Achsan

You Might Also Like

6 comments

  1. eh ada dias, jadi malu nih ahakakakakakakakaka

    ReplyDelete
  2. wow...makasih banget ne infonya...jd bs lebih terbuka mindsetnya....keep writing for us Doni..!

    ReplyDelete
  3. hahahaha.. enak banget ya kak don di sana :D wah, sukses selalu! :D

    ReplyDelete
  4. Goodwill yg tuk fakir miskin aja masih kerasa mahal buat kita. Berarti kita ini masuk golongan apa, ya?!

    ReplyDelete

leave your reply here

INSTAGRAM @DONIACHSAN