Perkedel Tuna ala Doni Achsan!


Ilustrasi :'(

barusan masak perkedel tuna nih. sumpah masakanku bikin kaget Mom, dia bilang enak banget. ceritanya aku mau bikin lunch tapi mom kehabisan bahan makanan "normal" di kulkas. aku udah bosen indomie, tiap pagi aku ngehindari sereal dengan makan indomie (sereal sama aja kayak minum susu buat aku. gak bikin kenyang. tahu lah perut Indonesia). akhirnya Mom sama aku ngutak - ati gudang makanan (yep, di sini ada ruangan khusus buat nyimpen makanan. kadang aku ngerasa rumah aku itu kayak toserba makanan. apa aja ada. hahahaha) dan gak sengaja nemu tuna siap saji dalam plastik. inilah efek kalo kamu gak nemu korned sapi selama dua bulan dan bener - bener sengsara pengen makanan masakan normal ala Seneng (rumah aku di Indonesia letaknya di daerah yang namanya Seneng) ya udah masak aja itu daging tuna ala perkedal korned yang biasa aku makan.

cara masak:
  1. siapin tuna siap saji yang biasanya udah digiling dalam kemasan. tenang aja, biasanya udah asin jadi gak perlu tambah garem.
  2. siapin satu butir telur
  3. siapin bawang putih secukupnya (alias sesukanya. hahahaha). di giling pake food processor kalo mau rempong atau diulek pake ulekan obat seperti yang aku lakuin. hahahaha
  4. kocok telur, masukin bawang dan tuna siap saji.
  5. aduk sampe rata
  6. panasin canola oil (aku gak mau make olive oil lagi karena gara - gara minyak itu soto sapiku rasanya bener - bener "Amerika" daripada "Indonesia"). make minyak sayur juga gak papa, lebih bagus lagi kalau make minyak sawit biar "indonesia" banget
  7. goreng adonan tuna sampe kecoklatan
  8. tuna siap dimakan dengan nasi thailand (ning kene ora ana beras saka Indonesia. anane beras saka Thailand). make saos tomat juga asik kok, tergantung selere
so this is it! perkedel tuna ala Chef Doni Achsan

PS: aku makan dua piring nasi gara - gara ketagihan sama nih masakan. Oh iya, menu makanan ini bisa buat dua orang kok. dan pas waktu aku selese makan tuh lunch baru sadar "kenapa gak aku post di blog?" buahahahaha ya udah ga ada fotonya deh :P


bener - bener kenyang
Doni Achsan

You Might Also Like

3 comments

leave your reply here

INSTAGRAM @DONIACHSAN