21st ANNUAL WADE HOUSE CIVIL WAR WEEKEND


Okay, weekend kali ini aku dan keluarga jalan – jalan ke Wade House, Green Bush, Wisconsin. Perjalanan ke sana sekitar 30 menit, cuaca agak mendung dan suhu udara cukup dingin. Jam sebelas siang kami sampai di lokasi tujuan, sebuah situs sejarah yang dirombak menjadi festival yang cukup besar.

The Brand New Civil War in Wade House, WI


Kami membeli tiket untuk lima orang (aku, Mom, Dad, Phillip, dan Shou Shan). Begitu masuk ke tempat tujuan aku langsung takjub: gimana enggak? Di sini festivalnya emang gede banget! (oke, aku capek make bahasa normal. Hahahaha). Begitu masuk kita langsung disambut Fritz Klein, actor monolog yang berperan jadi Abraham Lincoln. Keren banget!

say "NO" to Doni Achsan

Stand pertama yang kita kunjungi adalah stand ahli bedah. Di sini yang punya stand nerangin segala macam jenis pembedahan. Agak serem juga habis semua materinya bener – bener “gore”. dia neranginnya sambil ngasih contoh yang “jelas”. Oh iya, info baru buat aku ternyata banyak orang meninggal pas Civil War bukan karena dibantai langsung tapi karena infeksi. Makanya ahli bedah bener – bener diperluin buat nanganin infeksi atau amputasi.

Bapak - bapak yang nerangin tentang amputasi. weew

Selanjutnya aku main ke stand merchandise. Banyak banget barang – barang jadul versi Amerika. Tapi mungkin ada umur ada harga (peribahasa baruku), buat beli satu setel baju aja harganya $150 (satu juta dua ratus ribu rupiah). Ada juga topi – topi yang super unyu (mirip banget sama Boy’s Cap di Ragnarok Online). Saying harganya $30, gak jadi beli deh. Di luar stand ada kerumuman orang di pojok tenda. Ternyata ada stand outdoor buat main “Checkerboard”, sekali main $0.25 sama anak kecil. Tuh anak dewa banget, setiap ada penantang baru pasti dikalahin. Aku sempet juga diajak dia buat main, tapi aku nolak (males aja main kalo udah pasti kalah #carigampang #culas hahahahaha).

pengen beli nih topi tapi harganya $25. mangap deh -____-'a

si bocah yang dewa banget mainnya
SARSAPARILLA!

Kita lanjutin perjalanan dan main ke stand – stand berikutnya. Ada tabi sebelum itu ada yang menarik perhatianku. Ada box besar kayak treasure box yang bertuliskan Sarsaparilla. Penasaran aku sama Mom ke sana. Ternyata Sarsaparilla itu semacam root beer pas jaman Civil War. Mom (yang amat sangat baik hati) tanpa babibu langsung beliin aku itu minuman. Hahahahaha. 

Sarsaparilla --> YEY!


Selanjutnya kita keliling beberapa stand diantaranya stand perlengkapan dapur pas jaman perang sipil, stand “tembak” (kita bayar 3 dollar, terus dikasih senapan sama mesiu. Terus kita langsung “live practice” buat nembak senapan itu. Pengen nyoba, sayang antrian penuh). Aku juga main ke stand “Iowa’s Best Kettle Corn”. Bahasa gahulnya sih popcorn. Di sini popcornnya diproses secara tradisional make kuali gede. Mom beliin ukuran medium (yang buat aku itu lebih dari cukup), tapi emang dasarnya aku perut karet akhirnya aku beli sendiri make uangku yang ukuran large ($6 bu, alias lima puluh ribu). Ada harga ada rasa, makanya aku sampe sekarang ketagihan banget!

Abang Tukang Popcorn lagi bikin popcorn

Berikutnya kita keliling beberapa stand lagi, kayak stand merchandise lainnya (banayk banget took pernak – pernik ala Civil War). Tepat di tengah lapangan festival ada tenda gede yang isinya mini orchestra yang nyanyiin lagu – lagu jaman civil war dulu. Lumayan lah sambil ngabisin pop corn. Gak jauh dari tenda music kita juga main ke tempat “parkiran” kuda. Kata yang jaga entar kuda – kuda itu bakal buat main attraction jam 2 siang. Jadi gak sabar nih buat lihat secara langsung.

Stage band ala Civil War

Sebelum kita ke lapangan utama, kita sempatin main ke beberapa merchandise shop. Hujan deras bikin kita stuck di beberapa stand dan harus nunggu reda baru pindah ke stand lainnya. Stand terakhir yang kita kunjungi adalah stand “herb and liquids”. Isinya macam – macam jamu khas Amerika Serikat jaman dulu. Ada yang dioles di dada supaya gak kedinginan (jadi kangen minyak kayu putuh nih!), ada juga yang buat obat demam dan flu.

Belajar tentang "jamunya" orang Amrik

Sekitar jam setengah satu kita langsung ek lapangan utama. Berhubung live attraction “Civil War” baru mulai jam dua siang kita sempatin buat cari makanan. Kita beli burger sama “butterfly fries”. Keren juga kentang super gede diserut kayak rautan pensil terus hasil rautannya (yang bener – bener panjang gak kepotong) langsung digoreng di minyak panas. Hasilnya bener – bener kayak kripik kentang! Kita juga main ke stand es krim milik Mr. Breckheimer, ketemu empunya dan dua anaknya, si Patrick (anak Chilton High School dan juga gabung di club Cross Countryku) dan adiknya.

Meriam - meriam siap ditembakkan

Jam dua siang tepat ada pengumuman via megaphone kalau acara “perang” udah dimulai. Karena udah dating duluan aku dan keluarga bias dapet spot yang enak. Kita pilih spot yang ebner – bener deket sama meriam (hahahaha, baru ketahuan kalau deket sama meriam sama halnya dengan ngeledakin gendang telinga. Untung aku make winter capku jadi kuping ketutupan). awalnya aku lihat kedua eblah pihak yang “pura – pura” berperang masuk ke medan perang dimulai dari prajuritnya. Mereka jalan dengan tegapnya dan mulai saling menembak satu sama lain. Suasananya tegang banget! Ditemani dengan hujan gerimis, pasukan ebrkuda muali memasuki medan perang sambil membawa senapan di tangan mereka saling tembak dan saling mundur bersama kuda – kuda mereka. Dan yang paling keren adalah saat meriam – meriam mulai digunakan. Banyak banget meriam yang ditembakin diiringi suara senapan yang menyahut di seluruh medan perang. Asap mengepul di mana – mana, dan baunya itu loh bikin nyesek! Yang lucunya, berhubung acara ini bias dibilang simulasi, para prajurit yang ketembak (pura – puaranya sih) pasti jatuh dalam posisi yang “nyaman”. Awkward banget ngelihatnya, hahahahaha. Perang dimenangkan oleh pihak seberang (pokoknya yang datang dari seberang kanan lapangan menang! Hehe, emang akunya aja yang lupa itu pihak mana).

Asap menyeruak di medan perang
Pasukan nembak dengan senapan mereka. ASLI SENAPAN!
Tentara - tentara yang gugur "dengan nyaman" di medan perang
Pasukan mundur ke belakang saat pasukan berkuda pihak lawan berhasil melumpuhkan banyak orang

Jam setengah empat aku dan keluarga langsung balik ke parkiran buat langsung pulang. Kita basah kuyup, tapi gak parah juga. Untungnya aku make winter cap, bentuknya kayak topi biasa tapi luarbisa banget karena waterproof dan nyaman abnget dipake. Begitu sampai rumah kita bikin coklat panas sambil nonton Green Bay “Packers” di tivi. So happy that I can learn a lot of American History here!


So excited buat Homecoming,
Doni Achsan

You Might Also Like

2 comments

  1. Keren ceritanya. Serasa nonton The Patriot. Lanjutkan !!!

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

leave your reply here

INSTAGRAM @DONIACHSAN