Pertukaran Pelajar : Requirements and FAQs

okay guys! now i'm here to give you the further informations of Bina Antarbudaya Student Exchange Programs. jadinya di binbud ada tiga pilihan program yang bisa dipilih. tapi sebelumnya kita bahas dulu persyaratan buat ikut seleksi pertukaran pelajar bina antarbudaya ini :D


SYARAT DAN KETENTUAN
» Siswa kelas 1 SMA/sederajat
» Umur 15-16.7 tahun.
» Aktif berorganisasi dan berprestasi dalam beberapa kegiatan.
» Warga Negara Indonesia.
» Sehat Jasmani dan Rohani.
» Mengikuti dan lulus proses seleksi bertahap yang diadakan oleh Bina Antarbudaya.
» Mendapat izin dari orang tua dan sekolah

FAQS

Saya adalah siswa pesantren, bisakah saya berpartisipasi?

Kenapa tidak? Seluruh siswa kelas X SMU / sederajat, baik dari SMK maupun pesantren, boleh mengikuti seleksi. Tentu, apabila mendapat izin dari sekolah yang bersangkutan.

Jadi kalau saya sudah kelas XI atau XII, tidak bisa mengikuti seleksi?

Sayang sekali, untuk saat ini kami hanya membuka seleksi setiap tahunnya untuk siswa/i kelas X.

Mengapa hanya mereka yang duduk di kelas X yang boleh mendaftar?

Untuk memastikan bahwa siswa/i yang dikirim merupakan duta bangsa terpilih, mereka harus mengikuti beberapa tahap seleksi di tingkat chapter, nasional, dan internasional. Setelah calon kandidat lolos dari 3 tahap seleksi di tingkat chapter, mereka juga akan diseleksi kembali di tingkat nasional. Kemudian mereka masih menunggu kepastian keberangkatan serta izin dari negara tujuan. Setelah mereka mendapat izin dan memenuhi semua persyaratan, kandidat akan menjalani tahun pertukaran pelajarnya saat ia duduk di kelas XI akhir / kelas XII awal.

Karena proses seleksi yang bertahap inilah, maka kami hanya membuka kesempatan bagi mereka yang duduk di kelas X untuk mendaftar.

Apakah harus fasih berbahasa Inggris supaya bisa lulus program ini?

Tidak juga. Kemampuan bahasa dan akademis bukan yang kami utamakan dalam memilih kandidat. Kami mencari pemimpin masa depan, mereka yang memiliki semangat dan kepribadian yang kokoh untuk mampu belajar dari budaya yang berbeda. Jadi kamu tidak perlu berkecil hati, bila kemampuan berbahasamu tidak seberapa. Toh, jika kamu terpilih untuk belajar di negara lain, kamu akan menguasai bahasa negara tersebut dalam waktu yang relatif singkat! Tetapi jangan lupa, tes kemampuan bahasa inggris juga merupakan salah satu tahapan seleksi.

Bagaimana mengenai biaya?

Seperti telah disebutkan, Bina Antarbudaya adalah program nirlaba yang bergerak di bidang pertukaran budaya. Kami memastikan, bahwa siswa/siswi yang kami kirim merupakan siswa/i terbaik yang terpilih melalui seleksi, tanpa memandang latar belakang ekonominya.

Intinya, kami menyarankan agar kamu memberanikan diri untuk mendaftarkan diri. Tak usah takut bahwa kamu tidak cukup berpotensi, yang penting kamu siap membuka diri untuk hal-hal baru. Tidak ada yang tahu, mungkin kamulah orang yang kami cari! Semuanya dimulai dari hari ini…

Apa saja yang harus saya persiapkan untuk mendaftar?

Percaya atau tidak, tidak ada! Yang kamu harus persiapkan hanyalah keinginan yang kuat dan keberanian. Oh iya, kamu juga perlu membawa uang Rp 50.000,00 untuk administrasi; tapi selain itu, simpan dulu semua piagam prestasi dan transkrip nilaimu. Langkah awal adalah datang ke kantor Bina Antarbudaya dan mengambil formulir pendaftaran. Di lembar cara pengisian formulir, kamu akan diberi tahu dokumen apa saja yang diperlukan pada saat pengembalian formulir. Jangan lupa untuk mengembalikan formulir tepat waktu!!
(oh iya, tiap2 chapter mempunyai biaya administrasi sendiri, jadi tiap daerah mungkin bakal ada perbedaan)
untuk CP:
Chapter Semarang
Jln. Papandayan No. 229
Semarang 50232
chaptersemarang@yahoo.com
http://chaptersemarang.org/
CP: Alvien (0899 5885 997)
Azis (0856 4087 6544)

further informations: FOLLOW MY BLOGS!
next update: jenis - jenis program dan pengalaman seleksiku dari awal sampe akhir, banyakan curcolnya sih kayaknya, tapi bener2 bacaan berharga buat kalian yang tertarik dengan program ini. Stay Tuned, folks! :D

You Might Also Like

0 comments

leave your reply here

INSTAGRAM @DONIACHSAN