Pertukaran Pelajar : The Programs

well, karena aku udah janji mau ngasih info program - program pertukaran palajar maka aku sempatin buat OL sebentar. adadua jenis pilihan program, yaitu setahun penuh atau 2 minggu. nah, dari dua jenis program itu sebenarnya masih dibagi lagi menjadi 3 pilihan program, yaitu AFS, JENESYS, dan YES. berikut keterangannya!




AFS PROGRAM
Progam AFS adalah progam pertukaran antarbudaya terbesar di dunia dan berpengalaman sejak 1919. Hingga saat ini telah mempertukarkan lebih dari 370.000 peserta progam di 50 negara. Progam AFS dilakukan dalam rangka menciptaan saling pengertian dan persahabatan agar terwujud perdamaian dunia. 
Progam AFS di Indonesia berjalan sejak tahun 1956. Sudah lebih dari 2000 pelajar Indonesia yang mengikuti progam ini. Peserta diberangkatkan ke berbagai negara seperti : Amerika Serikat, Belgia, Belanda, Italia, Jepang, Jerman, Norwegia, Perancis atau Swiss. 
Progam AFS memberikan kesepmatan bagi para peserta untuk belajar tentang hidup dan diri sendiri. Peserta akan tinggal di keluarga angkat, bersekolah serta mengikuti kegiatan di sekolah maupun masyarakat di negara-negara dengan budaya beragam. Pengalaman yang diperoleh selama mengikuti progam akan memperkuat kemampuan berbahasa, pembangunan karakter, pribadi, serta keterampilan kepemimpinan.



Negara Tujuan: Amerika Serikat, Australia, Belgia, Belanda, Italia, Jerman, Norwegia, Swiss, dan Jepang
 
YES PROGRAM
Youth Exchange & Study Progam adalah progam beasiswa penuh yang diberikan oleh pemerintah Amerika Serikat melalui AFS USA, yang bertujuan meningkatkan pemahaman antara masyarakat Amerika Serikat dengan masyarakat negara-negara berpenduduk mayorutas muslim. Pelajar dari Mesir, Indonesia, Malaysia, Filipina, Turki, India, Saudi Arabia, Ghana dan Thailand akan tinggal dengan keluarga, bersekolah serta mengikuti kegiatan-kegiatan di sekolah maupun di masyarakat setempat.


Progam YES lebih menekankan pada pengembangan ketrampilan kepemimpinan. Peserta progam YES dari Indonesia diharapkan dapat menjadi duta bangsa yang menjembatani masyarakat Amerika Serikat untuk mengenal Indonesia dan sebaliknya, sehingga timbul persahabatan serta saling pengertian di antara dua bangsa. Ini merupakan modal dasar dalam upaya mewujudkan dunia yang lebih damai bagi semua. 
Progam YES di Indonesia sudah berjalan sejak 2003, sudah ratusan pelajar sekolah umum maupun pesantren dari seluruh Indonesia mengikuti progam ini.

Progam YES juga membuka kesempatan bagi siswa yang memiliki keterbatasan/cacat fisik [tuna netra, tuna rungu, tuna wicara, tuna daksa] untuk mengikuti progam ini.

JENESYS

The Japan - East Asia Network of Exchange for Students and Youths [Jenesys] adalah progam persahabatan Jepang dengan negara-negara di kawasan Asia Timur yang bertujuan menciptakan dan memperdalam rasa saling pengertian di antara para remaja yang merupakan generasi penerus yang akan berperan penting di masa datang. 
Setiap tahun pemerintah negara Jepang mengundang pemuda dan pendidik dari negara-negara kawasan ASEAN [Brunei Darussalam, Filipina, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapore, Thailand, Vietnam], China, Korea, India, Australia dan Selandia Baru untuk mengunjungi tempat/kota yang terkait dengan sistem politik, ekonomi, sosial serta budaya Jepang.


Pilihan Program Jenesys
Jenesys Year Progam
Bina Antarbudaya memberangkatkan pelajar Indonesia pada bulan Maret untuk belajar dan tinggal di keluarga Jepang selama sebelas bulan. 
Jenesys Intensive Progam
Progam berdurasi dua minggu ini di samping memberangkatkan 60 pelajar, juga memberikan kesempatan kepada 6 guru SMA/sederajat untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat serta belajar dari komunitas pendidikan di Jepang 
 
 gimana? tertarik bukan?

You Might Also Like

0 comments

leave your reply here

INSTAGRAM @DONIACHSAN