Seleksi Pertukaran Pelajar : Tahap 2

huaaa. udah lama banget gak blogging. okey, saatnya aku blogging lagi. kali ini bakal ada cerita tentang seleksi tahap dua pertukaran pelajarku yang dilaksanakan oleh Bina Antarbudaya Chapter Semarang.

jadi begini, subuh itu kami berenam (cek disini buat lengkapnya) make hari minggu pagij. cuma 2,5 jam lsg nyampe, karena jalan magelang - semarang benar2 sepi. weew!~

sampe di semarang aku turun dengan innocentnya. lah, aku kan emang manis jadi gak perlu gula lagi #ngelantur. sampe sana aku masuk dengan biasa, belum tampak dariku sifat alay suhalay. bgitu sampe lapangan dalem aku jalan2 bentar, ngeliatin sekitar. dan aku ngelihat ada gerombolan cewek2 di samping kanan jalan aku masuk. tak liatin satu2 dan aku ngerasa familier sama salah satunya. dan benar, itu NADHILA. huahaha. masih ingat pas dia bilang :
"eh, kamu si NADHILA ya?"
"iya, kamu doni ya?"
"iya bener"
terbersit rasa tidak percaya di muka nadhila: beneran sejelek inikah? wkwkwkkw
dia make baju osis, rambut pendek diiket ekor kuda. hahaha, cupu abis (eh nadh, kalo kamu baca jangan timpuk aku make gethuk goreng loh! hehehehe. ntar tak bales timpuk gethuk trio :D )

setlah itu pembagian ruang. karena namaku make huruf "R" maka jatahku dapet ruang agak jauh. haha, gak apa2 sih menurutku. di sini aku ketemu anak semALAY lagi, namanya si Reza. dulu dia anak smp 2 magelang, yang jaraknya cuma beberapa meter dari smpku dulu (smp n 1 magelang). ya udah kenalan deh, ternyata dia sekarang di smansa temanggung (rumahnya di secang, makanya mending di di temanggung aja biar lebih deket)> lama kami berbincang2 lalu kami digiring ke tempat seleksi wawancara

BENTAR !!!
SEBELUM ITU ADA BEBERAPA HAL PENTING YANG WAJIB DIKETAHUI!
1. no sendal jepit, ketahuan : BUANG KALI!
2. no baju bebas, make seragam
 udah sih itu aja,. haahaha. sumpah alay banget make CAPS segede itu. wkwkwkwk

nah, pertama2 aku masuk ke ruang wawancara bahasa indonesia alias wawancara kepribadian. yang manggil namaku namanya kak fieza, yg dulu juga jaga pas tes tahap satu. seperti biasa, seperti orang lain pas dia natap aku dia bilang "KAMU COWOK???" dan aku melenggang seanggun mungkin tanpa menghiraukan tatapan penuh tanda pentung ke aku.
begitu masuk aku diwawancara oleh 3 orang sekaligus. ada bu merry, sama dua mbak2 returnee. satunya pke kerudung, sisanya berambut ombak dan berkacamata. wawancara dimulai dengan pertanyaan2 santai. mereka juga buka form kita yang udah dikunmpulin dulu buat dilihat2, siapa tahu ada yg bisa buat bunuh aku. eh, maksudnya jadi bahan pertanyaan. bgitu tau aku punya bakat lukis, ya ditanyain lah tentang lukis melukis dsb. bgitu nanya bakat lain, langsung aja kujawab : nari. DAN AKU DISURUH NARI SAAT ITU JUGA

prawira watang, cuma yg asli make tongkat gitu sebagai tombak sama tameng juga :D

waktu itu aku pede aja bawain tari Prawira Watang, tari putra alus dari jateng. mereka tepuk tangan. kadang mereka bener2 nyusahin karena ngasih pertanyaan yang berbelit. terus inilah dia hal bodoh yang aku lakuin saat tes itu (Q ; pewawancara , D ; orang ganteng)

Q; kalo kamu besok ingin ke mana? eropa? amrik? jepang?
A; saya ingin ke amerika kak
Q; loh, kamu gak takut kalo salah pergaulan??
A; itu tergantung kitanya juga kak. dan saya yakin saya bisa menjaga diri
Q; eh, jangan sok nyaman gitu ya dek. kamu belum tau rasanya hidup di amerika. sok tahu banget
A; maaf kak, saya tetap berpegang teguh pada agama dan budaya saya
Q; jangan munafik deh! lebay banget!
A; saya berkata jujur kok kak. suer deh
Q; jangan sok kenal sama kami. emang siapa kamu?
A; saya doni kak
Q; sumpah nyolot banget kamu dek. terus kalo kamu masuk pergaulan bebas gimana dek?
A; saya ulangi lagi ya kak. saya tetap berpegang teguh pada agama dan budaya saya, ga mungkin lah saya sampe segitunya
Q; jangan munafik deh kamu!
A; lah, saya berkata jujur kok kak
Q; coba deh kamu bayangin kalo kamu kena drugs dan sebangsanya. amerika itu bebas dek! anak2 CUPU kayak kamu tuh target utama mereka
A; ngapain kak saya mikirin itu? tugas saya kan dalam rangka misi budaya dan memperkenalkan indonesia, toh saya juga tdk sebodoh itu sampe terjun ke narkoba
Q; nah kalo seks bebas?
A; saya gak mungkin sampe situ kak! #emosi
Q; alah munafik kamu dek! MUANFIK! HUUUUU!!!
A; saya gak munafik kak!!!
Q; lah, kamu kan cowok. harusnya kamu seneng2 aja to kalo diajak ML? toh kamu ga bakal hamil kan? kecuali emang kamu aja yang banci!
A; maaf kak, saya tipe pria yang menjaga kevirginitas saya
Q; APA KAMU BILANG *ketawa iblis*. HAHAHAHAHA. KAMU TUH COWOK DEK, BUKAN CEWEK! KAMU TUH  PERJAKA, BUKAN VIRGIN!!! HAHAHAHA!!!
A; *speechless ...*
Oke, kayaknya gak sekejem itu deh.

setelah itu aku jaid bener2 down. untungnya itu malah bikin aku jadi calm dalam menghadapi pertanyaan2 interviewer. gak ada rekayasa, sok jaim, dsb. aku bener2 ngalir. kayaknya emang deh kakak2 interviewer tau kalo aku rada memoles gaya bicaraku, makanya dia pancing aku buat nunjukin diri. dan karenanya aku jadi bisa lebih open. mereka berusaha memutar balikkan argumenku, jadi kalo misal udah jawab suatu hal kita bakal diputer2 sampe mereka nanya hal yg hampir sama dengan hal sebelumnya. kalo kita kasih jawaban yang bertentangan = MAMPUS. untungnya aku bener bisa ngalir. emang sih rada bicaraku emang ga berubah (semangat 45 all the time!) bedanya kali ini akju bener2 jadi diri sendiri. aku bisa tackle down all of their attacks just with few words. they even didn't notice that i'm attacking them back with my question about the way they behave in interviewing me. that's why DEBATE saves me a lot!

begitu wawancara mau selesai bu Mery izin pergi, ada urusan. ohya, ternyata bu mery ini ORANG MAGELANG JUGA LHO! jadi pas awal2 dia tuh nanya2 tentang magelang gitu, dan orangnya asik bgt. selama wawancara juga dia terkesan aktif tapi tidak menjatuhkan (beda sama kakak2 yang berdua itu). selanjutnya diganti sama Mas Aziz. nah, waktu itu aku masih bisa ngalir. so what kalo aku ngomong kayak cewek, cepet, banyak, dan yang pasti tepat sasaran semua

begitu wawancara berakhir, mereka semua senyum2 gitu. mereka salamin aku dan nyelametin aku. "bener2 wawancara yang asik dengan kamu dek". hahaha. asik pagimane? wkwkwk. dan sumpah, aku kaget mereka bener2 beda dari yang tadi. mereka bener2 friendly dan gahul gituh.

terakhir saat aku mau meninggalkan kursi kak Aziz bilang gini ke aku "kartu tesmu disimpen baik2 ya. jangan sampe ilang. siapa tahu kamu masih membutuhkan itu". dan aku gak kepikiran apa2 lagi, cuma masih shocked dari wawancara tsb. aku bener down dan gak punya semangat. pasti ga lolos, pasti ga lolos ...

selanjutnya aku dipindah ke rg 11 buat wawancara bahasa inggris. aku bener2 udah lemes, karena jujur aku emang dapet kloter akhir. nah, aku masuk dan diwawancarai sama 2 org parlente gitu., dan sumpah aku familiar bgt sama mereka. mreka nanya nama, alamat, hobi, dll. aku jawab aja DEBAT. surprisingly, mereka langsung jadi INTEREST gitu! (awalnya, sumpah, boring bgt!). mereka nanya debat apa, aku jawab debat bhs inggris. mereka nanya level, aku jawab udah sampe provinsi. kemaren baru dari LPMP Semarang. ditanya menang atau kalah, aku jawab klah cuma juara 6 tapi best speaker 5. mereka nanya mosi apa lalu aku jawab aja THBT artist should have private life dan timku negatif. setelah itu aku disuruh PRAKTEK disitu juga. tapi untungnya cuma ngasih alasan kenapa tim aku kalah ungggul dan bisa kalah sama tim satunya. yang aku inget jelas mereka nyentang sesuatu pas aku bilang "kalah lomba" tadi. aku jadi tambah down, mungkin mereka nyentang kalo aku bener2 gak capable dsb. aku tambah parno

terakhir aku ditanyain hobi lagi. aku jawab aja nglukis, udah dapey puluhan piala dirumah. sekali lagi, aku disuruh PRAKTEK SAAT ITU JUGA! aku gambar di kertas HVS seorang penari dengan aksen bali, tapi aku hias make batik. aku jelasin kalo karyaku itu biasa menang karena ada unsur etniknya,  ditambah lagi aku bisa nyelipin batik dengan motif yg gak ngawur dalam karya2ku walo bisa dibilang gambaranku cuma gambaran dekoratif. aku jelasin kalo yg aku pake sekarang adalah batik parang dari jateng. mereka manthuk2 aja. ya udah deh aku keluar denagn sebelumnya salaman dulu sama mereka. FYI setelah tak ingat2 MEREKA ITU DOSEN DARI UNDIP/UNNES YANG JADI JURI PAS AKU LOMBA DEBAT DI LPMP. sumpah, saat itu juga aku tambah down dan ga berharap banyak lagi.

setelah itu aku ketemu nadhila, ngobrol bentar. ketemu reza, ngobrol bentar. ketemu temen2 smansa magelang, sama2 capek, pulang ke magelang. what a tiring day with double shocking interviews! huaaarghhh ...

to be continued gak yah? hahahahaha

You Might Also Like

3 comments

  1. ahahahha....baru tau klo beliau orang magelang?????

    anyway, aku dulu juga wawancaranya ma kak aziz lho....

    salam ya buat kakak2 di semarang....miss them so much....

    ReplyDelete
  2. wahahahhahahha..
    geli geli
    go kak doni go !!! :D :D

    ReplyDelete
  3. huaaa. makasih ya dek lil udah semangatin
    @mbak bunga: ahhh ... jadi ingat masa2 itu ...

    ReplyDelete

leave your reply here

INSTAGRAM @DONIACHSAN