Seleksi Pertukaran Pelajar : Preparation!

huaaa!! sudah lama banget pengen nulis cerita tentang langkah pertama ikut pertukaran pelajar binbud: persiapan! emang sih aku akuin banyak seklai persiapan yang harus dikerjakan. benar - benar bikin pusing, karena waktu itu aku juga harus ikut lomba pramuka di SMA N 3 Semarang. bingung kan kalo kepentingan kepecah kayak gini? hahahahahahahha.


awalnya aku cuma nerima selebaran di kelasku, X-3. ternyata info pertukaran pelajar. ternyata selebaran itu adalah selebaran lama, jadinya cuma sampe umur 1 april 1994 aja yang bisa ikut (aku kan 10 april 1994!). akhirnya tak biarin aja, toh aku ga mungkin masuk. Thanks God setelah confirm pihak Chapter ternyata aku boleh ikut, asal umurku mencukupi aja (see requirements here)



waktu itu pulsek aku dikumpulin di X-4 buat sosialisasi pertukaran pelajar bareng mbak bunga. yang dateng cuma dikit, dan yang beli form cuma 13 anak kalau gak salah. waktu itu kami iuran 50 ribu buat beli form ke mbak bunga, dia yang bakal koordinasi buat beliin. beberapa hari kemudian form datang, dan kami pun dikumpulkan lagi di kelas yang sama buat sosialisasi cara pengisian form. FYI ada dua anak yg gak jadi ngisi, yaitu si Nurma (sibuk paspara) dan taufiq (sibuk lomba pramuka bareng aku!). kami ngisi seperti yang dibilangin mbak bunga, jadi kalo ada yg bingung tinggal sms aja. petunjuk pengisian cukup lengkap, tapi kalau emang pengen tahu lebih jauh bisa lihat video ini:


(FYI itu adalah video untuk chapter Jakarta, jadinya ada sedikit perbedaan dengan chapter lainnya. tapi dari segi content sudah sama dan lengkap kok )

pengen ngintip form Bina Antarbudaya? buka aja disini. boleh saja dilihat/diprint, tapi bukan untuk dikumpulkan ke binbud tanpa bukti pembelian form yang asli/cap chapter di form untuk chapter2 tertentu.


Dari chapter semarang aku kan dapet dua form, tulis tangan semua. untuk menghindari kesalahan sebaiknya fotokopi dulu beberapa bendel. jadinya bisa buat orek2an dulu. hal ini benar2 penting, karena form tersebut sebaiknya tidak ada stipo/type-x sama sekali (lebih baik coret daripada distipo). kata temen sih pengaruh, cuma aku ga tau ya. hahahahahaha

Next plan : cerita tentang seleksi tahap satu di Chapter Semarang

You Might Also Like

0 comments

leave your reply here

INSTAGRAM @DONIACHSAN