THE CHAPTERS - PART 1


Postingan kali ini aku bikin buat nostalgia jaman – jaman pasca seleksi YES tahun lalu. Tulisan ini aku buat supaya aku bisa introspeksi tentang exchange year aku, sekaligus sekdar sharing tenatng hal – hal yang aku alamin di sini. Banyak kengangan yang aku ga bisa lupain, dan banyak pula hal – hal pahit yang bikin aku selangkah lebih dewasa dari sbelumnya.


Chapter 1 – Teman


Masih inget bener malem tahun baru itu (31 Desember 2010) aku disms sama Pak Ghozali (Chapter Semarang) kalo aku lolos seleksi YES. Sumpah bahagianya minta ampun. Tapi sedari itu pula aku ngalamin galau-zone yang sampe sekarang aku ga bias lupain.

Oke, aku lolos program. Tapi gak semua anak – anak Chapter aku lolos program ini. Kita dari 900an anak se Jateng akhirnya kesaring 15 besar. Berangkat bareng – bareng naik kereta dari Stasiun tawang Semarang ke Gambir demi ikut seleksi di Wisma Handayani. Kita udah deket banget, ngalay dan curhat bareng udah biasa. Masih ingat jelas kita ber-15; Awang, Sinung, Reza, Nadhila, Very, Galuh, Leony, Nesita, Eny, Tika, Hayyu, Dewi, Riris, Bunga, dan aku – berjuang hamper setahun full demi seleksi YES ini. Dan yang lolos hanya 6 anak.

Munafik banget kalau aku bilang aku “bangga dan bahagia” bias lolos nih program. Banyak banget temen – temen se-chapter aku yang lebih talented daripada aku. Ada yang jago musik, ada yang kharismanya luar biasa, pokoknya dibandingin mereka aku tuh nothing banget. Ngehabisin waktu bareng mereka itu salah satu memori paling manis yang pernah aku kenang. Aku dikasih kesempatan buat ngumpul bareng anak – anak top se Jawa Tengah; setidaknya aku bias keluar dari tempurungku di Smansa magelang dan mengenal lebih jauh teman – teman dari sekolah lain di satu provinsi.

Masih inget banget pas aku terima sms itu aku njerit luar biasa; tereak – tereak kayak orang gila. Manis banget rasanya bias dapet berkah segede itu. Selanjutnya aku kasih tahu Mamah tentang sms itu; satu keluarga gempar. Mamah langsung ngajak aku jalan – jalan keluar rumah buat ngerayainnya (Buat Mamah yang namanya tahun baru itu JANGAN KELUAR RUMAH. Muahahahaha, solanya beliau paling ga suka sama suasana hiruk pikuk plus jalanan yang macet). Pas naik motor boncengin mamah aku keinget Cuma ada 6 nama d isms itu. Jgler, aku masih inget betul motor aku hamper oleng. Untung aja Mamah ga tahu, atau pura – pura ga sadar, kalau motornya hamper jatuh.

Begitu pulang aku cek lagi hape Sony Ericcson aku. Yep, cuma ada 6 nama. Ngga ada 9 nama lain yang sepantasnya masuk di list itu. Kontan aku nangis. Cemen banget ya?

Hari – hari berikutnya aku dapet sms dari beberapa temen tersebut, saying ‘ selamat Doni” or “congrats ya Don”. Waktu itu aku masih di sekolah dan aku hamper nangis bacanya. Pasti sakit rasanya buat mengikhlaskan sesuatu yang sangat berharaga buat diri kita. Padahal sleksi nasional itu gampanya ‘selesi terakhir” buat penentuan lolos enggaknya program YES ini.

Aku angkat mukaku. Jam 10an siang. Aku lihat temen – temen di kelas lagi sibuk ngerjain matematik. Jadi keinget aku baru aja nyelesein tugas matik terus buka hape. Aku langsung trenyuh aja, beberapa bulan lagi aku bakal ninggalin mereka juga.


Chapter 2 – Waiting


Beberapa bulan sebelum departure, si Pelangi sama Melati dapet placement information. Dua – duanya dapet placement di Wisocnsin. Kontan gempar deh kita ber-68 anak – anak YES di fesbuk. Yah, namanya juga masih labil, bawaannya juga galau mulu. Terus satu persatu anak – anak mulai dapet placement info. Dan aku belum dapet juga.

Awalnya sih aku biasa aja ; toh entar juga dapet kok. Mbak Bunga (alumni YES dari sekolah aku) pernah bilang kalau udah lolos seleksi nasional YES chance berangkatnya udah 99% ( walau bisa aja dapet late departure). Aku sih tetep solat lima waktu plus sunnah, minta buat dapet hostfam yang baik hati, tidak sombong, dan rajin menabung. Halah. Yang penting sayang sama aku udah cukup kok. ;)

Alhamdulillah 2 minggu sebelum Orientasi Nasional di Jakarta aku dapet Placement Letter! Aku dapet placement di Chilton, WI. Host dad aku dokter hewan, host mom aku ibu rumah tangga. Aku punya 3 host sibling, 2 cewek udah gede, sama 1 cowok seumuran. Muahahahahaha, pas buka tuh surat sumpah rumah aku serasa berbunga – bunga gitu (alay)

Ternyata sampe orientasi nasional pun masih banyak anak – anak yang belum dapet placement letter. Pikirku sih mungkin mereka udah dapet host fam, tapi masih butuh process buat placement thingies-nya. Yang bikin galau tuh banyak banget ternyata yang belum dapet tuh surat sakti, paling dikit 30 anak deh. Duh, serem kan tuh? Alhamdulillah pas kita lagi orientasi itu banyak surat bermunculan. Pas akhir sesi beberapa anak ada yang dipanggil buat menerima tuh surat sakti. Muahahahaha.

Walau gitu, ada beberapa temen aku yang dapet late arrival. Aku sedih banget pas tahu ada kejadian kayak gitu di angkatan aku. Walau aku yakin mereka pasti berangkat, tetep aja berangkat gak lengkap 70 anak berasa beda banget. Alhamdulillah angakatan aku semua anak YES bisa berangkat, walau terbagi jadi 3 gelombang.

PS: buat adek – adek yang mau berangkat, dan mungkin ngebaca tulisan ini, JANGAN GALAU! Kakak yakin kalian pasti berangkat. PASTI berangkat. 99% sih, tapi tetep aja ga boleh sampe galau. Banyak berdoa, banyakin minta ke Tuhan supaya kalian bisa dapet placement. Yang menentukan sukses ngganya kalian di sini bukan cepet lambatnya kalian nerima tuh surat wasiat kok. Bisa aja kalian dapetnya telatan gitu, tapi host fam kalian super awesome. Nah loh? Semangat ya J


Chapter 3 – Keluarga



Oke, aku lolos program YES. Berarti 6 bulan kedepan aku udah terbang ke Amrik ninggalin keluarga aku. Aku sih orangnya gampang aja kalo masalah keluarga; tinggal jauh pun juga ga masalah. Paling ntar di amrik emailan juga bias. So selama enam bulan kedepan semenjak januari 2011 aku ga ngerasa sedih buat ninggalin mereka (dan sempat kepikiran kalo aku berangkat ke amrik ntar tiap malem porsi makanan adek aku nambah dong? Secara aku kan yang paling sering ngabisin makanan di rumah. Muahahahahahahaha). Bahkan satu bulan sebelum keberangkatan pun aku tetep biasa – biasa aja (which is so weird since my mom started to worry about me. LOL).

Nah, “iman” aku rada goyah pas Talent Show Nasional di Goethe Haus, Jakarta. Kita semua dibarisin ngikutin irama lagu background, terus ortu satu persatu naik ke atas panggung buat nyematin pin merah putih di dada kita. Awalnya sih aku ngerasa bangga aja bisa berada di atas panggung ini besarta 92 siswa terbaik bangsaku, Indonesia. Tapi lama – lama suasana jadi trenyuh pas aku lihat temen – temen sebelum aku dipeluk sama ortu mereka, dicium pipinya. Nah, pas giliranku mamah sama bapak naik ke panggung. Muka mamah aku udah merah. Pas penyematan ternyata pinnya susah nimbus baju adat aku. Nah, disaat mamah aku struggling masangin tuh pin kita ngobrol sebentar. Gak tahu kenapa mata aku berat banget, terus air mata aku jatuh dengan begitu aja. Mamah aku juga mulai terisak. Dan setalah itu aku, mamah, sam bapak jadi terisak – isak gitu deh. Pelukan. Udah lama banget rasanya kita ga pelukan kayak gini. LOL. Akhirnya, setelah sekian lama “staying cool” pecah juga air mata aku.
Hal yang sama terjaid juga pas departure di Bandara Soekarno Hatta. Well, at least this time I didn’t cry that awful. Muahahahahahaha.


Chapter 4 – Managing Expectation


Pas orientasi nasional lalu ada satu sesi yang paling aku suka: Managing Expectations. Jangan sampe khayalan kita tentang amrik negbutain kita sama ap yang bakal kita dapet. Aku selalu mikir pasti ntar aku dapet di kota gede, semacam NYC gitu kayak di filem2. Tapi pada akhirnya toh aku dapet di Chilton, Wisconsin. Aku cek di Wikipedia, ternyata penduduknya Cuma 4000 orang. Bayangin, kota aku di Indonesia aja 100.000 orang sendiri (itu kota Magelang sensus beberapa tahun yang lalu. Belum kalo digabungin sama kabupatennya. Itu mungkin udah 2 juta sendiri). Terus aku cek sekolah aku ternyata siswanya Cuma 400 orang doing – kurang dari setengah jumlah populasi Smansa Magelang.

Awalnya sih aku bersyukur banget bisa dapet placement juga. Tapi ada beberapa teman aku yang dapety placement di kota – kota gede kayak Portland atau Washington D.C. Tanpa sadar timbul rasa sesal kenapa aku bisa dapet di Chilton. Itu adalah kesalahan besar yang aku ga mau ulang lagi seumur hidup.

Begitu sampe di Chilton, ternyata kotanya asri dan indah. Sekolahku, walau penduduknya (halah) Cuma 400 orang, ternyata 5 KALI LEBIH GEDE dari Smansa Magelang. Temen – temennya pada baik – baik dan ramah, ga kayak yang aku bayangin sebelumnya. Karna kotaku kecil hamper semua orang saling kenal dan solidaritasnya tinggi banget.

Host dad aku dokter hewan. Aku sama sekali ga punya bayangan dia kayak apa. Yang aku bayangin rumaha ku banyak hewannya, terus dia buka praktek gitu. Kehidupan hostfam bakalan kayak keluarah – keluarga suburban amrik. Begitu aku sampe di rumah, ternyata dia bukan dokter hewan yang begituan. Dia dokter hewan ruminansia. Dia co-owner sekaligus manager dairy farm di sini. Farmnya ada dua, per farm dia punya paling ngga 3000 sapi. Farmnya masuks alah satu mega-farm di Wisconsin, dan dia diundang ke Washington DC karena farmnya masuk 4 farm terbaik se Amrik. JEGLERRR!

Ada satu hal yang perlu ditekankan di sini: apapun yang kamu hadapi, selalulah bersyukur! Aku pernah ngerasa ngilu banget, nerasa bersalah karena pernah mikir yang aneh – aneh tentang hostfam dan host community sebelum berangkat. Jangan sampai ekspetasi jadi barrier dalam exchange year! Dan jangan pernah over expect, karena sekali jatuh tuh rasanya sakit banget. Aku selalu pengen dapet host school yang gede, terus ada debate atau Model UN club. Tapi di Chilton ga mungkin ada begituan. Di balik itu, aku ikut klub jurnalistik dan dapet tawaran dari koran lokal buat ngirimin naskah komik setiap dua minggu sekali. Aku jadi manager club cross country, dan subhanallah, temen – temen di sana bener – bener baik banget dan ramah. Setiap kali Tuhan menutup satu jalan di depan kita, dia membuka jalan lain di beda tempat untuk kita selalu tuju dan kita coba jalani.

You Might Also Like

2 comments

  1. hallo lagi kak doni :)

    jujur aja lica langsung nangis begitu baca ini, kebayang semuanya ; susah senang nya seleksi bareng teman-teman seperjuangan dan juga yang 'ngena' banget itu bagian chapter 2 yang sekarang sedang dijalani :P

    goodluck terus yaa kak ! terima kasih udah cerita cerita :)

    Cheers !

    ReplyDelete
  2. hahahahahaha sip sip jangan lupa baca postingan kedua. LOL

    ReplyDelete

leave your reply here

INSTAGRAM @DONIACHSAN