THE CHAPTERS - PART 2

CHAPTER 5 – PACKING

Oh, well masih keinget dulu ribetnya packing sebelum berangkat ke Amrik. Jadi gini; Orientasi Nasional di Jakarta bakalan 11 hari (sama LOC buat anak – anak YES). Departure ke Washington D.C. sekitar 30 jam an (plus transit di Frankfurt dulu). Terusorientasi di D.C. sekitar 3 harian, plus perjalanan ke host state sama orientasi di setiap konsorsium (kayak aku orientasi konsorsium AFS di Chicago sama di Manitowoc, WI. PS: tiap – tiap anak YES ternyata beda – beda konsorsiumnya! Aku kira semua anak bakal dapet AFS, secara Binabud kan partnernya AFS. Ada yang dapet AYUSA, ACIE, CIEE, PAX, dll. Tiap konsorsium beda – beda, tapi pada intinya juga sama. Btw aku ngerasa beruntung aja dapet AFS, soalnya lumayan banyak programnya disbanding lainnya. Muahahahahahaha #AFSer)

Aku sadar ternyata cowok bisa rempong juga; dan aku salah satunya. Mungkin karena banyak tekanan jugakali ya, jadinya aku rempong setengah mati. Jadi pas ke Jakrta aku bawa duas koper gede; koper buat ke Amrik sama koper buat ori di Jakarta. Nyesel juga kenapa harus rempong kayak gitu. Kata AFS Indonesia (Bina Antarbudaya) batas maksimum koper 20 kg. pas di Jakarta aku panic berat, ternyatakoper aku 25 kilo – kopernya sendiri 5 kilo! Akhirnya dengan berat hati aku repacking lagi. Miniature candi Borobudur sama Prambananku aku pindahin ke koper yang satunya. Pas Talent Show Nasional aku kasihin tuh koper ke Mamah sama Bapak, jadinya pas departure nanti aku ga terlalu bawa banyak barang. (PS: aku udah siapin tas jinjing buat LOC – 4 hari setelah ori nasional – di Jakarta. Pas dfi bandara aku kasihin tuh tas  ke ortu :P)

Oke, selanjutnya pas departure kan semua tas dijajarin gitu. AKU KAGET BANGET, ternyata koper temen – temen aku ada yang lebih gede dasn berat dari koper aku. Aku yakin kebanyakan anak- anak dari chapter lain ada yang 25an kilo! Pas di bandara koper aku ditimbang, ternyata 18.9 kilo. Dan yang bikin nyesek; temen – temen yang tasnya di atas 20 kilo bisa lolos. Aku pernah diceritain kalo koper di atas 20 kilo biasanya bermasalah pas di bandara local ke host state masing – masing. In fact, ternyata lolos – lolos aja tuh. NYESEK!

Tapi gak apa – apa deh, setidaknya itu membuktikan kalo aku ini anak yang baik hati dan taat hokum. Muahahahahaha.


CHAPTER 6 – ORIENTATIONS

Oke, pertama ori chapter dulu di Semarang. Asik banget, terutama pas sesi presentasi dan talent show. Jadinya kita anak – anak YES yang mau berangkat harus nunjukin kemampuan kita ngasih presentasi tentang Indonesia sama talent show. Oke, aku nari – dan semua orang bilang kalo tarian aku keren banget.

Ah, stop it, you! :3

Orientasi nasional; LUAR BIASA. Aku ga mau cerita tentang ori nasional di sini. Secara, bisa aja satu tulisan tentang ori nasional bakal makan 30 halaman folio sendiri (lebay).

Orientasi di Washington D.C. bisa dibilang ag se-asyik ori nasional di Jakarta. Tapi di sini semuanya mewah banget. Kita nginep di Hilton International, dan sumpah keren aja tuh hotel. Makanan ada di mana – mana. Oh iya, di sini pertama kalinya aku makan ikan salmon. Rasanya enak banget. Haha, maklum lah aku lak wong deso soko Magelang. Muahahahahaha. Aku dapet room mate dari Mozambique sama Egypt.

Ternyata eh ternyata, orang – orang dari negeri – negeri Arab tuh ga se"religious" yang aku kira. Banyak yang gak sholat, banyak yang ga pake kerudung, dan banyak yang atheis juga. Temen aku yang dari Mesir dia bilang dia agnostic. Terus yang dari turki cewek- ceweknya pake dress yang paling engga 10 centi diatas lutut. Bhakan ada anak dari Arab (dia satu grup sama aku pas ori) bilang dia Cuma apke kerudung kalo ke sekolah dan dia Muslim KTP – dia ngaku kalo dia atheis. Nah loh? Sedangkan yang dari Indonesia? Duh kita ini alim – alim semua. Kita rajin sholat, terus juga gak pecilatan. Pandangan Islam aku kan moderat banget disbanding temen – temen aku yang lain (moderat di sini artinya Islam yang pandangannya liberal tapi tetep menghormati aturan agama dan norma di msyarakat. Which is really me.) dan pandangan mereka  tentang "moderat" ternyata kalo dibandingin sama pandangan orang – orang Indonesia berasa jadi "SUPER liberal" gitu. Muahahaha.

Selanjutnya aku ori di Chicago. Ori di sini sebenarnya Cuma ori transit aja asebelum ke ori di host state. Nah, ori di host state (Manitowoc, WI) ternyata JAUH LEBIH MEMBLE daripada ori di Jakarta. Sante banget. Which is so weird, comparing with my remarkable ori in Jakarta. LOL. Alhamdulillah aku dapet temen dari Indonesia yang di host di satu area team (Pelangi dari Pdang, kalo kamu baca ini, yang aku yakin banget kamu ga bakal aca, aku cuma mau bilang jangan alay lagi ya. Kasihan penduduk Wisconsin melihat kita kamu ngalay ga keruan. Muahahahahaha)


CHAPTER 7 – EARLY DAYS

Host fam aku (Mom sama dua host sister) njemput aku di Manitowoc. Kita naik mobil ke rumah. Dan 3 jam setelah itu aku dibawa ke Montana. Cek aja postingan aku tentang Glacier National Park.

Sekolahku gede banget. Temen – temnnya asik banget. Aku jadi manager di crosscountry (semacam alri lintas alam). Jadi manager di crosscountry itu sumpah asik banget! Aku jadi bsia eknal banayk temen, terus bisa ngisi waktu juga. Walo tiap hari pulang jam setengah enam sore (which was so weird since jam 8 amelm di Wisconsin waktu summer tuh berasa kayak jam 5 sore di magelang). Aku join The Prowler (jurnalistik), FBLA (bisnis), sama AFS club. Aku selalu dapet A di setiap pelajaran (oh well, they're just too easy for Asians. LOL). Aku juga ikutan lomba – lomba lukis, dan prestasi aku bisa dibilang bener – bener bikin ortu aku (both here and there in Indonesia) bangga.

Pada intinya, I really have a good time here. Di postingan berikutnya aku bakal cerita tentang lomba – lomba lukis yang aku ikutin di sini. Stay tuned, folks!

Doni Achsan
                                                                          

You Might Also Like

0 comments

leave your reply here

INSTAGRAM @DONIACHSAN