"I AM FINALLY HOME!" - A reflection

So, it has been about a week since my arrival at Soekarno Hatta International Airport, Jakarta. Ada banyak banget hal – hal selama di Amrik yang belum pernah Doni tuangin di blog ini. Salah satunya cerita aps Doni dan 9 anak Indonesia lain terpilih buat terbang ke DC untuk Civic Education Workshop. Ada juga pengalaman selama bulan April yang menurut Doni keren abis (Ke Lambeau Field, jadi co-pilot, etc). Dan yang paling penting adalah trip Doni yang terakhir ke Colorado. Sungguh semuanya kalo diinget – inget bikin Doni ngerasa kangen banget sama Amrik. Tapi gimana lagi, life must go on. Sekarang Doni udah balik di Indonesia dan harus menjalani hidup lagi sebagai alumni program pertukaran pelajar YES 2011/2012.

Pulang - pulang langsung ambil kamrea buat profile picture bareng adek. Hahahahaha.


Kali ini Doni lebih pengen ke curhat daripada cerita pengalaman. Alhamdulillah Doni dan ke-67 siswa lainnya berhasil sampai di Indonesia dengan semangat. Jadi inget betul pas ori tahun lalu di Wisma handayani, kata kakak – kakaknya bisa aja pulang gak komplit ber-70. Diba ada masalah kesehatan yang mengharuskannya pulang mendahului kita ke Indonesia. Shelvy mengalami kecelakaan yang mengharuskan dia buat stay longer di Amrik.

Doni ngerasa bersyukur banget bisa pulang dengan selamat ke Indonesia, ketemu keluarga dan temen – temen yang Doni tinggal sejak setahun yang lalu. Tapi di samping itu Doni ngerasa culture shock yang luar biasa. Pertama kali mau landing di Jakarta, langsung tuh asap putih menutupi Jakrta dan sekitarnya. Kata temen sih itu asap polusi. Gila! Kalo boleh cerita, itu kabut asap bener – bener pekat nyelimutin langit Jakarta. Aku langsung ngerasa takut buat pulang, takut buat ngelanjutin hidup di Indonesia (halah!).

Di bandara panasnya jakarta langsung nyengat banget nih kulit. Di Magelang kan udaranya sejuk, ditambah Wisconsin yang super adem, bikin udara Jakarta kayak dipanggang hidup – hidup. Ga ada lagi bubbler (tempat minum) yang biasanya ada di mana – mana. Buat beli Aqua harus keluar tempat baggage claim, dan itu kayaknya jauh banget. Ga ada wifi, yang kayaknya bakal ngepaksa aku buat bisa tahan gatel ga bisa online pake iPod Touch aku. Untung aja di rumah ada wifi!

Pas perjalanan dari bandara ke Wisma Handayani -> hell. Panasnya minta ampun. Mana macet lagi. Di jalan aku lihat konvoi ormas semacam FPI yang bawa spanduk terus manjer klakson gila – gilaan. Duh, trenyuh banget liatnya. Busnya ga ada AC, jadinya buka jendela. Dan itu kerasa banget asap kendaraan baunya nusuk telinga. Oke, ini mungkin lebay banget. But please trust me, we were really shocked with this!

Selesai orientasi, alhamdulillah aku dapet banyak banget bekal buat ngejalanin tahun – tahun mendatang. Emang sih susah banget. Ortu alhamdulillah udah nge-plan-kan jalur pendidikan aku selama aku di Amrik. Sayang aja aku ngerasa ga siap buat ngejalankan plan yang sudah dirancang ortu yang ebenr – bener keren itu. Somehow I felt so tired with all of these. Belum ntar tanggal 16 Juli udah start sekolah. Wahduh!

Sesampai di rumah semua agak berbeda. Bagian rumah ada yang diganti, ada juga yang nggak. Kamar aku dipindah deket ruang TV, soalnya kamarku yg dulu dipake adekku sekarang. Hahahaha. Beberapa kali lupa ambil air ga pake porong tapi langsung dari keran. Kena diare selama 3 hari, pertama kalinya semenjak setahun yg lalu ninggalin Indonesia. Baju sekolah pada kekecilan semua, terpaksa ngejahitin seragam baru. Duit lagi dah.

Kemarin minggu aku sama sahabatku, Taufiq, pergi ke Jogja buat ikutan salah satu tes masuk universitas negri di Jakarta. Jadinya pas aku di Amrik ortu iseng ndaftarin aku ikutan tes ini, buat coba – coba aja siapa tau bisa buat pengalaman ke depannya. Pas nyoba ngerjain soal tesnya, alamaaak, susah – susah semua. Kebayang selama setahun ini have fun mulud i Amrik, sekarang hampir semua mata pelajaran pada lupa semua. Yang paling gampang Cuma bahasa inggris, yang emang udah sepantasnya aku kuasain. Masa sih setahun di Amrik malah turun inggrisnya? Begitu pulang mamanya Taufiq bilang ke aku, yang intinya dia ngerasa aku berubah jadi lebih diem. Dia ngerasa aku jadi linglung karena banyak pikiran.

WHICH IS EXACTLY RIGHT!

I have tons of things inside my mind. Dari yang masalah sekolah kayak bimbel, pelajaran, adaptasi sama temen – temen baru, restart ulang belajar dari kelas satu, dan hal – hal lainnya yang bikin otak keju. Terus setahun ga bawa motor bikin aku kagok buat naik motor lagi. Nyoba naik motor pas di jalan berasa newbie banget, kecepatan paling 50kmh doang (yang biasanya dulu aku 70an ...). Motorku yang dulu dibawa ke Jogja buat dipake mbak, di rumah adanya satu motor matik adek aku (yang sumpah aku ga tau cara naiknya gimana) plus motor Tiger baru punya bapak (ga berani make. Motor biasa aja masih ga biasa!). motornya mamah motor normal, sayangnya ga bisa aku pake soalnya mamah masih butuh buat kerja. Orang liburan gini aja mamah ada banyak urusan bolak – balik ke sekolah.

So, basically, I am tired emotionally and physically.

Suatu malem aku lihat salah satu status temen aku dari Pakistan. Dulu kita satu room mate pas di BUBW Orlando Conference dan ketemu lagi pas Civic Edu. Workshop di D.C. Dia bikin status kayak gini nih:

“Many exchange students got welcome parties when they reached their homes.what did i get? A news saying 'your dad died from a heart attack,..' wow life wow. :(“

Suddenly there was a sudden urge of emotion firing inside my heart. Masya Allah, he must have a really terrible situation there. He just came home, wanting to meet his family again. But God says differently. Aku ngerasa amat sangat sakit di ulu hatiku. “gimana kalo aku jadi dia?” “gimana kalo bapkku sendiri, yang kemaren njemput aku di bandara dan ngebawa sebagian luggage aku ke mobil, ga jadi datang dan ada di tempat lain ditangisi sanak keluargaku”. Saat itu juga aku ngerasa sudah saatnya aku move on.

Iya, aku harus move on!

Selama di Amrik, ortu pernah daftarin aku buat beasiswa salah satu PTS di Jakarta. Kalo misalkan aku ketrima dan konversi ijazahku lancar, aku bakal move on ke jakarta dan ngelanjtin hidup aku seperti semula. Kalo aku gagal? Aku masih punya banyak temen – temen (alias yang dulunya adek eklas) yang siap buat jadi temen seperjuangan kelas 3 nanti. Semuanya tergantung aku sendiri. Kalo aku mau terpuruk kayak gini terus gimana orang lain bisa ngebantu aku bangkit? Aku ngerasa bodoh banget kenapa baru sadar sekarang.

And now I’m writing this posting as a memento of my new struggle against life. Aku pengen jika suatu hari aku ngerasa jatuh dan butuh semangat, aku bisa baca postingan ini dan berusaha ngerefleksikan diri. Hey, i was one of 70 kids who got the YES scholarship! Dari 9000 anak (kata kak Rieka Salmon pas re-ori kemaren) aku termasuk <1% bisa berangkat ke Amrik. Di Amrik pun aku bisa dapet straight A dan perfect GPA 4.0. Kenapa di Indonesia ga bisa? Inget Don janji kamu sebelum berangkat yang kamu tulis di kertas coklat dan diberikan ke orang tua mu pas talent show nasional. Masih inget ngga?

Oke, buat nutup postingan kali ini, aku selipin deh lirik lagu yang ngganjel di otakku selama bernbulan – bulan. Hohohoho.

“Hey, I just met you.
And this is crazy!
But here’s the new me!
So high five me please!”
“An all the other things,
Try disturb me.
But here’s the new me!
So back off maybe!”
LOL!

serpihan kenangan:

Foto bareng adek pas dijemput di Bandara.

Foto bareng yang jemput. Bukan yang paling kanan, dia cuma outsider asal kudus. Hahahahahaha.

Main bareng temen - temen SMP di Coffee Toffee Magelang. It was such a great moment spending 3 years with them in immersion class SMP N 1 Magelang. Go LION!!!

Alhamdulillah bisa makan Lays rasa rumput laut lagi. Di amrik ga ada tuh Lays rasa rumput laut -_-

A promise from me before I left. Sekarang aku sadar buat jadi "duta" tuh gak perlu secara literal. Jadi murid yang berprestasi, anak yang baik, dan anggota masyarakat yang berkontribusi sebenarnya cukup banget merepresentasikan diri kita di muka dunia. Iya gak? :)

You Might Also Like

0 comments

leave your reply here

INSTAGRAM @DONIACHSAN