When My Artistic "Braingasm" Came


Artistic Braingasm Dadakan

Masih pada inget kan kalo aku ini suka banget ngelukis?

Yak, betul sekali. Dari dulu emang aku udah deket sama yang namanya krayon, pensil EE, meja lipat kecil, dan pylox. Tipikal banget buat anak – anak yang sering ikut lomba mewarnai dan menggambar. Hahahahahahaha. Udah banyak lomba lukis yang Doni ikutin, dari level kecamatan sampe nasional. Banyakan kalahnya sih. 


Karya favorit aku pas di Amrik :)


Selama Doni di Amrik Doni ngambil pelajaran desain dan grafis. Semenjak masuk SMA Doni udah stop ngelukis, paling ikutan beberapa lomba yang ditunjuk sama sekolah. Doni lebih fokus sama klub – klub yang Doni ikutin. Doni juga sibuk ikutan debat Bahasa Inggris sama OSN (kalo yg OSN sih ga pernah menang. Huahahahaha). Apalagi pas tau kalo Doni lolos seleksi bina antarbudaya, wuih yang namanya form AFS sama YES tuh bener – bener makan waktu banget. Balik lagi ke topic, di Amrik ini lah Doni jadi deket lagi sama lukis. Dari yang awalnya ngelanjutin lukis pake krayon di Amrik, sampe ikutan lomba – lomba lukis tingkat state bahkan nasional. Baca aja deh cerita tentang lomba – lombaku sampe dapet juara 1 nasional di Amrik di postingan berikut. (Tapi pakai Bahasa Inggris yaah).

Liburan kenaikan kelas ini (maksudnya adek kelas. Kan aku ga naek kelas. LOL) aku punya banyak banget waktu luang. Iseng, Doni kena braingasm dadakan. Dengan modal buku gambar dan pulpen pilot (point 0.38) aja Doni bisa bikin dua karya. Oh ya, buku gambarnya special loh. Di Wisconsin Cuma ada satu tempat yang jual di Milwaukee, dan merk-nya terkenal banget (Borden & Riley). Jadi sebelum pulang ke Indonesia temen – temen art studio-nya hostmom ngasihin beberapa perlengkapan lukis ke aku. Salah satunya ya buku gambar ini. Sampe – sampe Pat ngorbanin waktunya naik mobil ke Milwaukee Cuma buat buku gambar ini. Duh, jadi keinget deh sama mereka. -__-

Oke, balik ke topik utama. Kali ini Doni mau ngasih step by step apa yang Doni lakuin selama braingasm tersebut. Yang pertama Doni pengen gambar sesuatu yang Indonesia banget. Dimulai dari coretan, akhirnya jadi deh nih cewek yang ngerepresentasiin Jawa. Makanya dia pake kebaya. Ceritanya dia lagi nyiramin tanaman nih. Kan dia go green :p



Selanjutnya Doni tambah beberapa figure. Di samping kiri si cewek ada anak kecil yang make Udeng Bali. Terus di kanan ada “Uda” dari Padang. Di belakang si Uda ada cewek dayak. Buat menuh – Menuhin Doni tambah pohon ramping buat backdrop. Perhatiin deh di atas pundak kanan si Uda ada tangan melayang.



Oke, tangan melayang itu ganggu banget. So akhirnya jadilah burung! (Kayak kun fa yakun aja nih. Huahahahahaha). Ngerasa ada banyak banget yang kurang, Doni tambahin deh cewek Papua nyelip di tengah. Terus ada ayam, pohon baru, sama di backdrop ada rumah tongkongan. Itu jujur aku kagok banget bikinnya. Soalnya lukisan ini Cuma bergantung sama braingasm aku aja, ga sempet googling buat liat gambar aslinya. Jadinya agak “mleot” deh tuh rumahnya. Gak papa, toh lukisannya belum jadi :-)



Untuk finishing, Doni rampungin tuh rumah tongkonannya. Doni tambahin beberapa aksen hiasan kayak batu, rumput, sama beberapa anak ayam. Terus di Backdrop Doni tambah awan, burung, sama matahari. Foila! Judul karya ini adalah “Morning in Indonesia” *prok prok*



Selanjutnya Doni kena braingasm lagi. Kali ini Doni bikin gambar berdasarkan legenda. Inget kan kalo gerhana bulan tuh kata orang dulu adalah tanda kalau dewi bulan lagi dimakan raksasa? So lukisan ini bakal nyeritain tentang peristiwa itu. DImulai dari si dewi bulannya terus ditambah sama mainframenya mulut si raksasa. 





Selanjutnya Doni detailin muka si raksasa. Terus buat backdrop Doni tambah aksen laut kayak ombak, riak air. Tak lupa ada awan sama pohon. Sebenarnya Doni pengen hitamin langitnya, Cuma berhubung braingasm Doni udah habis bikin Doni males ngitemin. LOL.



So, that’s all, folks! Kadang – kadang braingasm yang dating di diri kita itu ada baiknya loh buat disalurin. Buktinya kalo kita bisa nge-alokasikannya bisa jadi nih dua karya aku. Pinter – pinter aja koordinasi waktu, biar kalo ada serangan braingasm bisa langsung siap. Hahahaha.

Stay tuned!

Risqika Edni Doni Achsan

PS: Buat yang gak tahu apa itu braingasm bisa googling yah. :D

PPS: Oke, kalo ga mau buka google, pecah aja arti harfiahnya. Braingasm = Brain + Orgasm. Gampangnya sih dengan tiba – tiba dating tuh inspirasi atau ide – ide keren yang bikin otak bener – benr terangsang buat mengakomodasikannya. Lebih jelas kan? :)

You Might Also Like

3 comments

  1. Halo kak Doni,
    aku Hanifah Sausan a.k.a Ufi' :D *you know me, right?
    cuma mau bilang:
    kak, itu yang di atas keren
    gambarnya ga pake sketsa dulu kan kak?
    kok bisa ya? klo aku yg gambar pasti acak adul, hehe

    aku juga baca postingannya kak doni tentang president univ.
    waktu itu ibunya kak doni cerita di kelas klo ada anak smansa dapet beasiswa penuh,
    dan ternyata itu kak doni! hah, tiwas aku dah terkagum" sama anak yang dapet beasiswa itu #mintadigorok

    hehe, semangat ya kak don, jangan galau
    kalo menurutku, (menurutku lho ya,-semua keputusan ada di tangan kak doni-)
    kan udah pernah sampe di amrik, ke jakarta mustinya lebih bisa dong

    pokoknya semangat deh, dan semoga cita" kak doni tercapai, amin :D

    ReplyDelete
  2. Aku ga kenal kamu. Hahahaha. *minta dihajar* Anak ESC kan?

    Aku gak suka pake sketsa (pensil), soalnya bikin kotor gambar. Hahahahahaha. Liat aja deh ada yang salah, terus aku rombak lagi. (gambar burung di atas)

    Ya Allah dek jadi malu. Ah Bu Narni mah emang dari dulu suka banget cerita2 gitu ke murid2nya. bahkan dulu pernah cerita tentang anak2 beliau pas lahir kek gimana. Heeeem banget.

    Wah, aku masih mikir2 dulu kalo itu. Masalahnya beasiswanya PU cuma mencakup bea kuliah aja. biaya asrama mahal, 9.5 juta pertahun, sekamar 2 org. Kalo di jogja biaya kos paling 3jt max dapet bagus utk setahun. Walau di President University itu prospek kerjanya bagus banget, cuma lingkungannya borju banget. Beli makanan pasti mahal bgt di sana. Ga ada kucingan 3rb-an. Hahahaha. Tapi insya Allah aku daftar ulangin dek. :)

    Kalo aku sih masuk di mana pun fine2 aja. Kalau kata orang tua sih semua kesempatan dicoba, nanti pada akhirnya tinggal milih aja. Hidup dibikin santai lah, selama kita masih mampu dan masih banyak chance yang bisa dikejar, ya optimalkan :D

    Eh, kamu ada blog? aku follow ya :)

    ReplyDelete
  3. yes kak doni :D *g jadi ngehajar*

    ooo, gitu to
    klo aku malah g enjoy gambar pake bolpen, plus sangat buruk dalam hal memberi kontur, juga mewarnai (waktu masih sketsa bagus, setelah dikasih warna jadi turun level) Ada saran? :D

    hahaha, iya to? aku malah pengen denger ceritanya :D #HEEEEMM
    ternyata bu narni ama bu dahlia g jauh beda ya, hehehe
    eh tapi ambil positifnya aja, kan itu berarti bu narni bangga ama kak Doni :D (sekalian pamer anak juga #plakk!)

    o iya ya, hehehe aku mikirnya g sampe ke situ #anakbawang
    untung kak Doni cwo, klo cwe pasti makin galau karena harus mikirin pergaulan remaja di sana yang memprihatinkan
    btw, klo di amrik biaya hidupnya gimana kak?

    thanks for following my blog :D

    ReplyDelete

leave your reply here

INSTAGRAM @DONIACHSAN